Pakaian Adat Kalimantan : Kalimantan Barat, Tengah, Timur, Selatan, dan Utara Lengkap

Pakaian Adat Kalimantan : Kalimantan Barat, Tengah, Timur, Selatan, dan Utara Lengkap

Pakaian Adat Kalimantan

Nah, di kesempatan yang berbahagia ini, saya sengaja merangkum budaya dari suku tersebut khususnya dari budaya berpakaiannya. Saya akan merangkumnya pakaian adat Kalimantan berdasarkan provinsi atau wilayah geografisnya mulai dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan yang terbaru, Kalimantan Utara.
 

1. Pakaian Adat Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat didominasi oleh 2 suku besar yaitu suku Dayak dan suku Melayu. Dalam hal berpakaian, kedua suku tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Pakaian adat Kalimantan Barat untuk suku Dayak bernama King Baba dan King Bibinge. King Baba digunakan oleh pria sementara King Bibinge digunakan oleh para wanita.
Baik King Baba maupu King Bibinge keduanya dibuat dari serat kulit kayu yang dihias sedemikian rupa dengan beragam pernik dan warna. Pemakai pakaian ini juga akan mengenakan beragam aksesoris seperti senjata tradisional maupun perhiasan berupa kalung, manik, manik, dan bulu burung enggang di bagian penutup kepalanya.
Pakaian Adat Kalimantan Barat
Sementara untuk pakaian adat Melayu terutama Melayu Sambas, desain, bahan dan cara pemakaiannya sebetulnya sama seperti busana khas melayu lainnya. Perempuannya mengenakan baju kurung dan laki-lakinya mengenakan baju jas tutup.
Untuk mengetahui selengkapnya mengenai bagaimana pernik pakaian adat Kalimantan Barat,

2. Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Provinsi Kalimantan Tengah dihuni oleh suku Dayak sebagai suku mayoritas penduduknya. Suku Dayak yang menjadi mayoritas ini utamanya adalah sub suku Dayak Ngaju yang memiliki pakaian adat khas bernama baju sangkarut.
Pakaian Adat Kalimantan Tengah
Baju sangkarut adalah sebuah rompi yang dibuat dari bahan serat kulit kayu yang dicat dengan tinta alami dan ditempeli beragam pernik seperti dari uang logam, kulit trenggiling, kancing, dan benda-benda lain yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Baju sangkarut umumnya dikenakan bersama bawahan yang berupa cawat beserta senjata tradisional seperti tombak, mandau, atau perisai.


Baca Juga:

Pakaian Adat Kalimantan Timur ( Artikel Lengkap )



3. Pakaian Adat Kalimantan Selatan

Provinsi Kalimantan Selatan menjadi provinsi yang dihuni oleh mayoritas suku Banjar. Suku Banjar sendiri memiliki 4 jenis pakaian adat untuk peruntukan yang berbeda-beda. Keempat pakaian adat tersebut antara lain Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari,Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut, Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan, dan Pangantin Babaju Kubaya Panjang.
Pakaian Adat Kalimantan Selatan


4. Pakaian Adat Kalimantan Timur

Masyarakat Kalimantan Timur tersusun atas 2 entitas besar yaitu suku Dayak dan Suku Kutai. Kedua suku ini memiliki pakaian adat yang berbeda. Suku dayak mengenakan pakaian bernama Ta’a dan Sapei Sapaq sementara suku Kutai mengenakan pakaian bernama baju kustim. Kedua pakaian adat Kalimantan Timur ini memiliki banyak perbedaan.
Pakaian Adat Kalimantan Timur

 

5. Pakaian Adat Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah provinsi pecahan Kalimantan Timur yang sekaligus menjadi provinsi termuda di Indonesia. Budaya masyarakatnya juga hampir mirip dengan budaya Kalimantan Timur dengan suku Dayak sebagai mayoritas suku penduduknya. Hal ini dicirikan dengan diakuinya baju Sapei Sapaq dan Baju Ta’a khas Dayak Kalimantan Timur sebagai pakaian adatnya. Kendati begitu, Sapei Sapaq dan Baju Taa Kalimantan Utara memiliki perbedaan dan ciri khasnya sendiri. Pakaian adat Kalimantan Utara hampir mirip dengan pakaian adat di Kalimnatan Timur. Karena provinsi ini dulu termasuk kedalam provinsi Kalimantan Timur sehingga untuk suku bangsa dan kebudayannya pun mirip dengan Kalimantan timur.
Pakaian adat pada pria mengenakan rompi tanpa lengan serta dililitkan kain hingga selutut. Dikepala dikenakan topi berhiaskan bulun burung.
Sedangkan pakaian adat pada wanita menegnakan rompi yang bercorak khas Kalimantan tanpa lengan serta bagian bawahnya rok. Dikepalanya dihiasi topi yang unik.
Pakaian Adat Kalimantan Utara

Baca Juga:

Pakaian Adat Kalimantan Selatan khas Banjar ( Artikel Lengkap )



Search Populer
  • baju adat dayak wanita
  • pakaian adat dayak kalimantan barat
  • nama pakaian adat kalimantan timur
  • baju adat dayak kalimantan tengah
  • baju adat dayak laki-laki
  • baju adat kalimantan tengah
  • baju adat kalimantan barat
  • baju dayak modern
Kalimantan Selatan Kalimantan Timur

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Pakaian Adat Kalimantan : Kalimantan Barat, Tengah, Timur, Selatan, dan Utara Lengkap"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel