Popondi Atau Talindo Alat Musik Asal Daerah Toraja

Penjelasan mengenai alat musik tradisional Popondi atau biasa disebut juga Talindo/Tolindo yang berasal dari Toraja Sulawesi Selatan. Selain dengan adat istiadat toraja yang sudah terkenal di dunia, alat musik dari daerah ini juga termaksud unik. Karena bentuknya yang sangat sederhana.

Kata Tolindo adalah sebutan yang berasal dari daerah Bugis. Sedangkan kata Popondi adalah sebutan dari daerah Makasar.



Bahan


Popondi atau Tolindo terbuat dari kayu, tempurung kelapa, dan senar. Berbentuk busur seperti tanduk kerbau atau tanduk sapi yang bertumpu pada sebuah tempurung kelapa. Talindo merupakan alat musik jenis sitar berdawai satu karena hanya memiliki satu senar saja. Uniknya yaitu resonatornya terbuat dari tempurung kelapa, ya bahan yang sangat mudah kita jumpai.

Biasanya alat musik ini dimainkan secara tunggal setelah para petani merayakan pesta panen dan untuk mengisi waktu senggang bagi para remaja.
 
 

Terkenal dengan budaya dan tradisi yang cukup unik, nama Tana Toraja, Sulawesi Selatan kian tak asing di telinga para wisatawan nusantara dan mancanegara. Pesona keindahan alamnya pun kini kian memikat para pelancong untuk singgah di sana.

Toraja juga memiliki hal unik lain, yaitu alat musik tradisionalnya. Salah satu yang menarik adalah popondi atau tolindo. Kata tolindo merupakan sebutan yang berasal dari daerah Bugis. Sedangkan kata popondi sebutan dari daerah Makassar.

Dikutip dari buku "Saya Ingin Terampil dan Kreatif" karya Edy Purwanto dkk, bahan pembuatan popondi sangatlah sederhana, hanya kayu, tempurung kelapa, dan senar. Namun, untuk membuatnya tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Sebab, harus mempunyai keterampilan khusus.

Hal itu dikarenakan bentuk popondi cukup unik, menyerupai busur seperti tanduk sapi atau kerbau, yang bertumpu pada sebuah tempurung kelapa. Cara memainkan popondi yaitu dipetik. Namun, ada yang unik dari popondi ini, resonatornya berasal dari tempurung kelapa. Sehingga cukup menarik perhatian saat dimainkan.

Dulu, tolindo dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu yang berhubungan dengan kepercayaan setempat. Namun kini, masyarakat biasanya memainkannya secara tunggal, setelah para petani merayakan pesta panen. Berbeda dengan para remaja, mereka memainkan popondi untuk mengisi waktu senggang.

Jika berkunjung ke Tana Toraja, para wisatawan bisa sangat mudah menemukan popondi. Saat itu juga, pengunjung bisa mencoba memainkan alat musik tradisional tersebut.

Search Populer:
  • alat musik tradisional 34 provinsi dan cara memainkannya
  • alat musik tradisional 34 provinsi beserta gambarnya dan penjelasannya
  • kumpulan alat musik tradisional dan keterangannya
  • alat musik tradisional beserta penjelasannya dan gambarnya
  • alat musik daerah dan asalnya beserta gambarnya
  • alat musik dermenan berasal dari daerah
  • gambar alat musik modern
  • pengertian alat musik tradisional