Suku-Suku Yang ada Di Kalimantan Barat

Di bawah ini merupakan suku-suku bangsa atau suku bangsa Dayak yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Mungkin dengan tulisan ini bisa menambah wawasan anda akan pengetahuan keragaman suku di Indonesia khususnya suku-suku yang ada di Kalimantan Barat dan khususnya pula Keragaman Suku Dayak.
Wilayah-wilayah mayoritas muslim di Kalimantan Barat yaitu daerah pesisir yang mayoritas didiami Suku Melayu seperti Kabupaten Sambas, Mempawah, Ketapang, Kayong Utara, Kubu Raya, Kapuas Hulu dan Kota Pontianak.
 

Suku Dayak Kendawangan

Suku ini merupakan suku bangsa yang terdapat di Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat.
 

Suku Dayak Pompakng

Suku bangsa yang satu ini juga berdiam di Provinsi Kalimantan Barat terutama di Kabupaten Sanggau. Mereka tinggal di tepian sungai Kapuas dan sungai Sekayam.
 
 

Suku Dayak Iban

Tak hanya ada di di Kalimantan Barat, Suku Dayak Iban juga kebanyakan berdiam di Sarawak, Brunei, dan Tawau Sabah.
 

Suku Dayak Jangkang

Mereka berdiam di sekitar sungai Sekayam dan sungai Mengkiang di Provinsi Kalimantan Barat kabupaten Sanggau. Dahulu kala suku bangsa ini sangat ditakuti oleh suku dayak lainnya.
 

Suku Dayak Kayan

Orang Kayan sebagian besar mendiami daerah sekitar aliran Sungai Mendalam, Rajang dan Baram di Kalimantan Barat. Daerah asal mereka sebelumnya adalah hulu Sungai Kayan di Kalimantan Timur. Karena suatu sebab mereka berimigrasi ke arah barat sampai wilayah Kapuas Hulu bagian timur sekarang.
 
 

Suku Dayak Kendayan

Orang Kendayan mendiami daerah hulu Sungai Kapuas yang luas, termasuk dalam daerah wilayah Kapuas Hulu. Kira-kira di sebelah timur laut Bengkayang, sekitar daerah berhutan-hutan Ledo, Madi dan Papan.
 

Suku Dayak Maloh

Suku Maloh atau Orang Maloh atau Embaloh mendiami daerah sekitar anak-anak sungai di hulu Sungai Kapuas, seperti di sekitar sungai Ulu, Lauh, Palin, Mandai, Nyabau dan Leboyan. Desa-desa mereka antara lain, Siut, Belimbis, Keram, Leboyan.
 

Suku Dayak Embaloh

Suku Dayak Embaloh merupakan salah satu etnis Dayak yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Indonesia. Suku Dayak Embaloh, dikelompokkan ke dalam Rumpun Dayak Banuaka, bersama suku Dayak Taman dan Dayak Kalis.
 
 

Suku Dayak Merau

Suku Dayak Merau adalah sub suku Dayak yang menempati di kampung Merau yang berada di hulu sungai Sekayam. Untuk menuju ke kampung dapat ditempuh dengan jalan darat dan jalan air. Karena jalan darat terdapat jembatan yang putus maka satu-satunya untuk menempuh kampung melalui Sungai Sekayam dengan lama waktu kurang antara 1 atau 2 jam karena arus serta gelombang tinggi, yang diakibatkan oleh riam sungai. Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah Bahasa Benyap atau Bahasa Bedek.
 

Suku Dayak Taman

Suku Dayak Taman adalah salah satu sub suku Dayak yang mendiami wilayah kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan barat. Suku Dayak Taman memiliki struktur ada istiadat yang kuat, yang disebut turi, tuari atau mentuari yang berarti "manusia yang pola hidupnya telah tertata, terpola dengan suatu tradisi dan budaya".
 
 
Search Populer:
  •  suku kalimantan tengah
  • suku asli kalimantan barat
  • bahasa daerah kalimantan barat
  • nama suku bangsa kalimantan tengah
  • suku suku yang ada di kalimantan timur
  • suku yang berasal dari kalimantan barat
  • tarian daerah kalimantan barat
  • nama suku kalimantan selatan
  • Kumpulan suku di indonesia
  • Daftar Lngkap Suku di indonesia
  • Suku di indonesia Lengkap