Friday, 14 September 2018

Mengenal Tari Laweut dari Aceh

Tari Laweut adalah tari tradisional yang berasal dari Provinsi Aceh. Diantara tarian Aceh, tari laweut merupakan salah satu tari yang cukup populer tidak hanya di Aceh, tapi juga di Indonesia dan mancanegara. tari laweut asal aceh merupakan tarian yang fungsinya itu hampir sama dengan tarian saman, namun agak sedikit berbeda dalam gerakkan dan lagu yang di bawakan ketika sedang menari.

Pada kesempatan ini, TradisiKita akan mengupas mengenai Tari Laweut, mulai dari sejarah tari laweut hingga pertunjukan tari tradisional Aceh ini.

Mengenal Tari Laweut dari Aceh

Mengenal Tari Laweut dari Aceh

1. Sejarah dan Asal Usul Tari Laweut Aceh

Tarian Laweut merupakan tari tradisional Aceh yang berasal dari daerah  Pidie. Kemudian tari Laweut ini terus berkembang di seluruh Aceh.

Tari Laweut berasal dari kata Selawat, yaitu berupa sanjungan yang ditujukan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Syair-syair yang mengiringi tarian ini memang lebih banyak bershalawat atas nabi

Sebelum tarian ini dinamakan tari laweut, pertama kali disebut Akoon (Seudati Inong). Kemudian pada Pekan Kebudayaan Aceh II (PKA II), ditetapkanlah nama tari Laweut ini.

2. Fungsi dan Makna Tari Laweut

Seperti yang telah disinggung pada artikel diatas, bahwa tari Laweut Aceh ini fungsinya  hampir sama dengan tarian saman yaitu mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

Funsi utama tarian ini adalah sebagi media dakwah yang menyampaikan mengenai agama Islam dan tentunya menyeru kepada kebaikan.

3. Pertunjukan Tari Laweut Aceh

Tari Laweut ini sering disebut juga dengan Tari Seudati Inong, dikarenakan dari segi jumlah penari, gerakan-gerakannya, proses, pola tarian, dan teknik dari tarian ini sangat mirip seperti Tari Seudati. Kedua tarian ini sama-sama ditarikan oleh 8 penari wanita dan 1 orang syahi (penyanyi) musik yang sekaligus memimpin gerakan penari lainnya. Yang membedakan dari kedua tarian ini yaitu kekhasan Tari Seudati menggunakan tepukan dada, sedangkan pada Tari Laweut menggunakan tepukan paha dan bukan dada.

Tari Laweut sering ditampilkan pada saat acara-acara tertentu, seperti pesta rakyat, pesta perkawinan dan peringatan hari besar lainnya.

4. Gerakan Tari Laweut Aceh

Gerak tari Laweut ini, yaitu penari dari arah kiri atas dan kanan atas dengan jalan gerakan barisan memasuki pentas dan langsung membuat komposisi berbanjar satu, menghadap penonton, memberi salam hormat dengan mengangkat kedua belah tangan sebatas dada, kemudian mulai melakukan gerakan-gerakan tarian.

5. Musik Pengiring Tari Laweut Aceh

Berbeda dari jenis tari tradisional lainnya di Indonesia, dimana musik pengiring tarian tersebut berasal dari alat musik tradisional, musik yang digunakan dalam tarian Laweut ini yaitu musik internal dan tidak ada satupun alat musik Aceh yang digunakan.

Tari Laweut ini diiringi dengan bunyi yang berasal dari tubuh penari itu sendiri, seperti tepukan dada, petikan jari, tepukan tangan, hentakan kaki dan vokal syahi yang menyanyikan syair dari tarian ini.

Di dalam pementasan, Tari Laweut terdapat syair yang dilantunkan selama gerakan tarian berlangsung. Syair-syair tersebut mengandung pesan-pesan tersendiri seperti mengenai keimanan, pembangunan, kemasyarakatan, dan lain-lain. Inilah yang menjadi sebuah ciri khas dari budaya dan seni Aceh terutama tarian yang mengandung unsur agama Islam yang kental.

6. Kostum Penari


Kostum atau pakaian daerah yang digunakan oleh para penari Laweut adalah pakaian tradisional Aceh lengkap dengan sarung Songket tenun Aceh yang melingkar dipinggang. Bagian atas penari wanita mengenakan kerudung yang menyembunyikan mahkota (rambut) nya.

7. Perkembangan Tari Laweut Aceh

Pada masa sekarang sudah sangat jarang tarian ini ditampilkan karna banyaknya seniman yang sudah wafat, ditambah tempat belajar yang sangat terbatas, Tari laweut merupakan salah satu tarian yang torgolong hampir punah mengingat sangat sedikit orang masih bisa menari dan mengajarkan tarian ini.

8. Video Tari Laweut Aceh

Sobat Tradisi, untuk lebih mengenal mengenai tari Laweut yang berasal dari Aceh ini, berikut Sobat bisa memperhatikan gerak tari, kostum dan keindahan syair-syair tari Laweut dalam video yang kami ambil dari youtube.com

Artikel Terkait