9 Alat Musik Tradisional dari Sumatera Selatan Terlengkap

Sumatera Selatan adalah nama sebuah Provinsi di Pulau Sumatera. Ibukota Provinsi Sumatera Selatan berada di Kota Palembang. Kota yang dikenal dengan makanan khasnya kapal selam / empek-empek palembang ini, memilik beragam alat musik tradisional.
Alat musik tradisional dari Palembang - Sumatera Selatan ini terdiri dari beberapa instrumen yang kemungkinan dapat ditemukan pula di beberapa daerah lain di Indonesia, namun demikian terdapat perbedaan diantaranya nama dan irama yang dimainkannya yang disesuaikan dengan adat istiadat yang ada di Sumatera Selatan ini.
:

1. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - "Burdah / Gendang Oku"


Burdah atau Gendang Oku adalah alat musik sejenis gendang yang berukuran besar terbuat dari kulit hewan dan kayu nangka. Dikarenakan alat musik burdah ini pertama kali ditemukan dalam budaya masyarakat OKU atau Ogan Komering Ulu, maka tidak sedikit orang yang menyebut alat musik ini dengan sebutan Gendang Oku.
Biasanya burdah dimainkan dalam sebuah acara-acara adat sebagai alat musik ritmis. Cara memainkannya pun mudah yaitu cukup dengan ditepuk bagian kulit membrannya dengan menggunakan telapak tangan.
Acara yang sering memainkan burdah misalnya, Dalam upacara pernikahan, latihan pencak silat, atau disaat ada upacara adat Palembang kita akan dengan mudahnya menemukan alat musik burdah ini.
, alat musik tradisional Burdah / gendang oku ini dimainkan untuk mengiringi lagu Islami (barjanji) pada acara keagamaan yang dimainkan sendiri maupun berkelompok. Burdah juga sering digunakan untuk mengiringi kesenian pencak silat.

Baca Juga: 

7 Alat Musik Tradisional Aceh Terlengkap

 

2. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Alat Musik Tenun


Alat musik tradisional dari Sumatera Selatan selanjutnya disebut dengan alat musik tenun. Disebut alat musik tenun dikarenakan alat musik ini biasanya dipergunakan sebagai penghibur para pekerja yang sedang menenun. Alat musik tenun ini terbuat dari kayu yang berbentuk persegi panjang, dengan ornamen segitiga berangkai ditengahnya. Segitiga berangkai yang berada di tengah alat musik inilah yang dibunyikan dengan cara dipukul sehingga menimbulkan bunyi dengan nada-nada tertentu.

3. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Gambus


Alat musik gambus memang lebih banyak dikenal sebagai alat musik tradisional asal Riau. Namun dengan hal ini bukan berarti alat musik ini tidak dimainkan oleh masyarakat suku Melayu di Palembang Sumatera Selatan. Gambus Palembang dibuat dari kayu dengan memiliki enam dawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Selain dapat berfungsi sebagai alat musik yang beraliran melodis, gambus ini juga bisa berfungsi sebagai alat musik harmonis. akan tetapi bentuk alat musik gambus dari Sumatera Selatan ini tentu saja memiliki ciri khas seperti gambar dibawah ini.




4. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Kenong Basemah


Alat musik tradisional kenong dapat ditemui juga di beberapa daerah di Pulau Jawa. Kenong merupakan alat musik yang terbuat dari tembaga yang merupakan salah satu alat musik tradisi yang melengkapi gamelan jawa. Di Sumatera Selatan terdapat alat musik kenong khas gamelan suku Basemah di daerah Pagar Alam Sumatera Selatan.
Alat musik kenong Basemah

5. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Terbangan


Terbangan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat musik pukul yang berasal dari Sumatera Selatan ini disebut juga dengan rebana.  Terbangan terdiri dari  empat rebana Hadrah dan satu buah Jidur (Bedug kecil), biasanya berwarna merah, hitam, dan emas.

6. Alat musik tradisional Sumatera Selatan - Genggong


Selain ditemukan di daerah Bali, ternyata Genggong juga ada di Sumatera Selatan. Namun walaupun namanya sama ternyata bentuknya sangat berbeda.
Genggong ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Besemah Kota Pagaralam, sejenis alat musik tiup yang menghasilkan suara mirip harmonika.
Alat musik ini terbuat dari bilah bambu, kayu, pelepah enau atau logam dan dimainkan dengan cara dipegang ditangan kiri dan bagian sisinya ditempelkan ke bibir. Selanjutnya dengan mainkan lidah getar yang ada pada genggong dengan tangan kanan maka genggong akan menghasilkan bunyi. Sedangkan untuk mengubah nada-nada dalam melodi genggong dilakukan dengan mengolah posisi rongga mulut yang juga berfungsi sebagai resonator.

7. Alat Musik Kolintang

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan
Kolintang adalah alat musik tradisional Sumatera Selatan yang merupakan susunan logam kecil yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang dibuat khusus. Alat musik ini sering dimainkan oleh masyarat suku Komering pada saat upacara adat dan juga pertunjukan seni tradisional. Kolintang di daerah lain di Indonesia mempunyai nama yang beragam, misalnya di Riau, alat musik ini disebut dengan nama Talempong atau Calempong.

8. Alat Musik Seruling

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan
Alat musik ini terbuat dari potongan  bambu. Seruling juga termasuk jenis alat musik tiup melintang (transverse flute) yang memainkannya secara horizontal, salah satu ujung dari seruling diberi penyekat, dilengkapi dengan enam lubang nada dan satu lubang yang berguna untuk meniup. Seruling ini dapat dimainkan baik secara tunggal maupun secara berkelompok dengan alat musik lainnya. Permainannya dapat beriring dengan senada untuk mengiringi lagu-lagu daerah dan lagu-lagu yang mengungkapkan perasaan yang ada di hati.

9. Alat Musik Marawis

Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan
Alat musik ini terbuat dari kayu, kulit binatang dan juga tali. Alat musik ini seperti gendang berkepala ganda namun berbadan pendek dan biasanya dimainkan sebagai pengiring lagu dengan nuansa Islam saat acara keagamaan, selain itu juga dimainkan untuk mengiringi tarian zapin.

10. Alat Musik Biola

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan
Alat musik ini terbuat dari ukiran kayu dan tali senar. Alat musik gesek menyerupai dengan biola Eropah. Instrumen ini mempunyai empat dawai dan busur. Biola ini bisanya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu upacara adat Melayu. Selain itu dimainkan juga untuk mengiringi lagu-lagu daerah.

Search Populer:
  •  alat musik tradisional sumatera selatan wikipedia
  • tarian tradisional sumatera selatan
  • alat musik tenun
  • judul lagu sumatera selatan
  • alat musik bangka belitung
  • lagu tradisional sumatera selatan
  • alat musik dari bengkulu
  • alat musik burdah
  • 50 Nama Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya