Alat Musik Tradisional Lampung ( Artikel Lengkap )

Alat Musik Tradisional Lampung meliputi: Cetik (Kulintang Pekhing), Akordion atau Harmonium, Gambus lunik atau Gambus anak buha, Gendang, Gamolan, Kompang / Khaddap, Kerenceng atau Terbangan, Membling, Sekhdap Bekhdah, dan Serdam

Alat Musik Tradisional Lampung

Dilihat dari asal-usulnya, masyarakat suku Lampung sejatinya masih merupakan bagian dari sub suku Melayu yang memang cukup banyak tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Oleh karena itu, seni musik yang berkembang pada masyaratat daerah Lampung sendiri tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan budaya seni musik masyarakat di Pulau Sumatera. Kita dapat melihat beberapa alat musik tradisional Lampung seperti Bende, Cetik, Gamolan, Komplang, dan Serdam juga ditemukan di beberapa wilayah lainnya seperti di Provinsi Bengkulu maupun provinsi Sumatera Selatan.
Alat Musik Tradisional Lampung

1. Alat Musik Bende

Alat musik tradisional Lampung yang pertama bernama Bende. Bende adalah sebuah alat musik yang bentuknya seperti gong kecil. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan pemukul kayu. Selain berfungsi sebagai alat musik, pada masa silam bende juga mempunyai fungsi seperti kentongan di Jawa yaitu sebagai penanda pada masyarakat suatu kampung untuk dapat berkumpul di sumber bunyi. Adapun saat ini, bende umumnya cenderung digunakan pada saat ada pertunjukan topeng monyet, pengiring tarian adat Lampung, atau saat ada pesta adat lainnya. Di beberapa daerah, bende juga disebut dengan nama canang.


Baca Juga :

Tari Saman Asal Aceh ( Artikel Lengkap )

 

2. Alat Musik Cetik atau Gamolan Pekhing

Selanjutnya adalah Cetik. Apakah itu cetik? Cetik adalah nama lain dari gamolan pekhing, yaitu sebuah kolintang terbuat dari bambu yang menghasilkan nada ketika dipukul menggunakan pemukul khusus. Beberapa ahli sejarah menyebutkan bahwa cetik atau gamolan pekhing dari Lampung adalah gamelan pertama yang ada di dunia. Gamelan yang dikenal masyarakat Jawa yang menggunakan logam sebagai sumber bunyi sejatinya adalah jenis gamolan yang meniru desain dan aturan nada gamolan Pekhing ini. Dengan kata lain, gamolan pekhing (cetik) merupakan alat musik tradisional Lampung yang benar-benar berasal dari Lampung. Berikut ini adalah gambar dari Gamolan Pekhing tersebut dan beberapa alat musik khas Lampung lainnya.
Alat Musik Tradisional Lampung

3. Alat Musik Serdam

Serdam adalah alat musik tiup tradisional Lampung yang dibuat dari bambu, persis seperti seruling. Alat musik ini menghasilkan nada pentatonis saat dituip. Satu hal yang membedakan antara serdam dan seruling di Jawa adalah jika seruling dapat terdiri atas 7 lubang, maka serdam hanya terdiri dari 5 lubang nada. Serdam memiliki nada dasar G atau DO dan kelima lubang menghasilkan nada yaitu RE, MI, SOL, LA, dan SI.
 

4. Alat Musik Kompang

Kompang adalah alat musik tradisional Lampung yang bentuknya persis sama dengan rebana yang dikenal dalam kebudayaan Masyarakat Melayu di tanah air . Kompang merupakan alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan. Kompang Lampung dibuat dari kayu bulat dan kulit kambing serta diikat menggunakan rotan. Kompang mulai dikenal masyarakat ulun Lampung pada awal penyebaran budaya Islam di Indonesia.

Search Populer:
  • macam-macam alat musik tradisional lampung
  • alat musik tradisional lampung cetik
  • alat musik gamolan
  • gamolan lampung
  • alat musik tradisional kepulauan bangka belitung
  • download musik tradisional lampung
  • lagu tradisional lampung
  • senjata tradisional provinsi lampung