Wednesday, 9 August 2017

Makanan dan Jajanan Khas Aceh ( Artikel Lengkap )

Pertama akan kita bahas Makanan Khas Provinsi Aceh, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan akan Indonesia tercinta ini.

1. Kuah Pliek U

Yang pertama ini makanan bernama Kuah Pliek 'U, makanan ini adalah makanan khas Aceh yang sangat populer dengan campuran berbagai rasa dan kaya akan vitamin serta zat-zat yang berkhasiat meningkatkan gairah dan kekebalan tubuh. 
Makanan tradisional Aceh - Kuah Pliek U
Kuah Pliek U
Tak hanya sebagai makanan, Kuah Pliek 'U juga memiliki pilosophy yang melambangkan kekerabatan dan keanekaragaman dalam masyarakat Aceh yang disatukan dalam satu kuali, yang menghasilkan rasa yang unik dan digemari oleh seluruh masyarakat di seluruh Indonesia. Jika kamu sedang berkunjung ke daerah Aceh maka masakan ini wajib dicoba, karena tentu saja pergi ke Aceh tanpa makan Kuah Pliek 'U, sama saja seperti belum pergi ke Aceh. Jangan khawatir kamu bingung mencarinya karena hampir semua rumah makan di daerah Aceh pasti menyediakan makanan yang satu ini. 

2. Kembang Loyang

Yang kedua kita punya jajanan atau kue khas Aceh yaitu Kembang loyang. Kembang Loyang ini terbuat dari tepung roti yang di campur dengan gula dan telur serta pati santan. Cara membuatnya adalah dengan mengaduk adonan hingga rata lalu cetakan kembang loyang dicelupkan ke dalam adonan yang membuat bentuknya unik ini dan kemudian digoreng ke dalam penggorengan.
Jajanan khas aceh Kembang loyang
Kembang loyang, bentuknya unik yah?
Admin rasa kue kembang loyang ini sudah sering kalian jumpai terutama jika ada acara hajatan. tidak ketinggalan juga dipelosok-pelosok desa di Aceh, kue kembang loyang ini sangat cocok untuk menemani kegiatan kita pada hari-hari besar agama, seperti waktu lebaran, serta cocok dinikmati pada waktu-waktu santai dengan secangkir teh hangat bersama keluarga.
 
 

3. Kuah Si Itek

masakan khas aceh kuah si itek
kuah si itek, umm yummy!
Masakan dengan bahan bebek mungkin sudah biasa di Jakarta atau bahkan dimanapun, tetapi Kuah si Itek sangatlah berbeda. Masakan bebek ini punya resep original dari Aceh. Gule itek dari Aceh yang paling terkenal berasal dari daerah Bireun. di daerah ini bumbunya sangat terasa. Melihat potonya saja mungkin sudah membuat lidah anda bergoyang ya, Penasaran? Anda bisa langsung mencobanya di restoran-restoran khas Aceh yang ada di sekitar tempat tinggal anda.

4. Kue Bhoi

Pernah mendengar panganan khas Aceh yang satu ini ? namanya Kue Bhoi. Kue ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Aceh. Ketika pertamakali melihat kue ini, pasti kalian bingung kok bentuknya berbeda-beda. Yup, Bentuk kue ini sangat bervariasi, seperti : bentuk ikan, bintang, bunga, dan lain-lain. Kalau kalian sedang berkunjung ke Aceh, Kue Bhoi ini sangat pas untuk dijadikan salah satu buah tangan ketika akan berkunjung ke sanak saudara atau tetangga yang mengadakan hajatan atau pesta, seperti sunatan dan kelahiran. 
Kalian bisa mendapatkan Kue Bhoi ini di gerai-gerai oleh-oleh di Aceh. Kue Bhoi ini mempunyai harga yang sangat relatif murah, harga satu kemasan berkisar sekitar Rp. 5.000,- ,10.000,-.
Kue khas Aceh Kue Bhoi
ada ikan, kembang jadi kue, namanya kue Bhoi

Tahukah kalian bahwa pembuatan kue khas Aceh ini cukup rumit sehingga terkadang agak sulit untuk mendapatkan kue bhoi ini.

5. Mie Aceh

Nah, pasti hampir semua dari kalian sudah tahu yang namanya Mie Aceh. Yup makanan yang satu ini memang keberadaanya cukup mudah di temukan bahkan di daerah Jakarta. Tapi, untuk bisa mendapatkan rasa 'asli' Aceh kalian tentu harus datang ke Aceh agar rasanya benar-benar original.
Mie Aceh Khas provinsi Aceh
terlihat menggugah bukan? ini dia Mie Aceh
Mie Aceh, satu jenis kuliner yang menggoda dari Aceh, untuk dapat menikmati enaknya Mie Aceh, kita dapat mencicipinya dengan dua cara, yaitu di goreng atau direbus alias menggunakan kuah. Nah uniknya, kalian bisa memilih sendiri, apakah ingin pedas atau tidak.Tak jarang sebagai variasi bisa meggunakan kepiting, daging atau seafood. ummm sudah kebayang kan enaknya ? :p.

6. Manisan Pala

Salah satu jajanan khas Aceh adalah Manisan Pala, makanan ini merupakan manisan yang banyak di temui di Aceh.
manisan pala
manisan pala
Pembuatan manisan pala umumnya dilakukan oleh pengusaha kecil di daerah penghasil pala. Kabupaten Aceh Selatan adalah kabupaten penghasil komoditi pala terbesar di Aceh. Buah pala juga bisa dijadikan sebgai sirup, rasa manis yang khas menjadikan Pala sebagai buah khas Aceh, pala dapat dibuat juga menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi untuk mengobati luka.

7. Ayam Tangkap Aceh

Makanan khas Aceh - Ayam Tangkap
Ayam tangkap namanya
Nama makanan khas Aceh yang satu ini cukup unik yaitu, Ayam tangkap. Nah, Ayam Tangkap bukan berarti kita menangkap ayam hidup-hidup tapi hanya sebutan dari daerah Aceh ini. Ayam Tangkap merupakan makanan khas Aceh Besar, terbuat dari ayam yang di goreng dengan irisan cabe hijau serta daun Teumuru atau Salam Koja atau biasa juga disebut Daun Kari. Ayam Goreng cabai hijau mungkin sudah biasa, tapi yang membuat ayam tangkap aceh ini khas adalah aroma dari daun Temurunya.
.

8. Lepat

jajanan-khas-aceh-lepat
Lepat Aceh
Jajanan tradisional dari provinsi Aceh selanjutnya adalah Lepat. makanan ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah, lalu lepat dibalut dengan lapisan daun pisang dan di bagian tengahnya di beri kelapa parut yang telah di gongseng dengan gula yang biasa disebut inti lalu di kukus hingga matang. Yang unik adalah lepat hanya di sajikan pada hari-hari tertentu saja pada masyarakat Gayo terutama menjelang puasa (megang) dan lebaran.
 
 

9. Ungkot Kemamah

Makanan Tradisional Aceh selanjutnya adalah Ungkot Kemamah. Makanan ini adalah makanan otentik dari Aceh dan sangat jarang ditemui di kawasan lain di Indonesia.
makanan ungkot keumamah
ungkot keumamah / ikan kemamah
Persis seperti bentuknya,Ungkot kemamah ini terbuat dari ikan tuna yang telah direbus dan dikeringkan yang kemudian diiris-iris kecil. Ikan kemamah dapat dimasak dengan menggunakan berbagai bahan masakan, seperti santan kelapa, kentang, cabai hijau dan bahan rempahan lainnya. Makanan ini mempunya latar belakang cerita yang menarik, yaitu ketika jaman kemerdekaan dulu, para pejuang Aceh ini membawa makanan ungkot kemamah ketika melawan penjajah.

10. Kue Adee

kue adee aceh
kue adee
Kue ini namanya adalah Kue Adee (bukan kaka). Kue tradisional sejenis bingkang manis ini, hanya ada di daerah Aceh khususnya di kawasan kabupaten Pidie Jaya. Kue ini sangat manis dan legit. Kue Adee ini akan sangat nikmat jika kita padukan dengan menyeruput segelas kopi atau teh. Juga bisa menjadi hidangan istimewa untuk menjamu tamu.

Artikel Terkait