Senjata Tradisional Bengkulu ( Artikel Lengkap )

Senjata Tradisional Bengkulu

Sesuai dengan pengaruh kebudayaan sub etnis Melayu yang telah tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat Bengkulu, kita akan menemukan banyak senjata tradisional yang digunakan dalam budaya mereka di masa silam. beberapa senjata tradisional Bengkulu yang pernah kami temui dan memiliki nilai keunikan tersendiri di antaranya adalah keris bengkulu, rambai ayam, sewar, dodong, serta sewar.

1. Senjata Tradisional Keris Bengkulu

Seperti kebanyakan daerah yang dihuni oleh masyarakat sub etnis Melayu, masyarakat Bengkulu juga mengenal keris sebagai salah satu varian senjata tradisionalnya. Keris Bengkulu tidak memiliki banyak perbedaan dengan keris pada umumnya. Salah satu kekhasan yang mencolok dari keris asli bengkulu terletak pada luk atau lekukannya yang berjumlah genap serta tahta yang terdapat pada gagang dan sarungnya.
 

2. Senjata Tradisional Rambai Ayam

Rambai ayam merupakan salah satu senjata asli Bengkulu yang pasti tidak dapat ditemukan di provinsi lain di Indonesia. Senjata ini berupa senjata tusuk dengan ujung yang runcing dan salah satu sisinya yang sangat tajam. Sebagian masyarakat Bengkulu juga menyebut rambai ayam dengan nama lain, yaitu Jembio.
Keunikan rambai ayam terletak pada beberapa ornamen. Selain karena bilah senjata ini melengkung dengan sudut yang kecil (seperti taji ayam) sehingga sangat mematikan bila digunakan untuk berkelahi, ia juga dilengkapi dengan beragam pahatan pada bagian serangka dan gagangnya. Coba perhatikan gambar di bawah ini! gambar tersebut adalah gambar dari senjata tradisional Bengkulu bernama Rambai ayam ini.
Senjata Tradisional Rambai Ayam

3. Senjata Tradisional Sewar

Sewar adalah senjata tradisional Bengkulu yang berupa senjata tikam. Di daerah lain, misalnya di Lampung senjata ini dikenal dengan nama Badik atau Badik Manna, atau di Jambi yang lebih dikenal dengan nama Badik tumbuk Lado. Hingga kini, para pemuda Bengkulu pedalaman masih sering menggunakan senjata ini. mereka kerap menyelipkan sewar di pinggangnya ketika main untuk menjaga diri.
Bentuknya berupa sebilah pisau dengan satu mata yang tajam. Ujungnya meruncing sehingga bisa pula digunakan sebagai senjata tusuk. Berikut adalah kenampakan dari senjata ini.
Senjata Tradisional Sewar

4. Senjata Tradisional Dodong

Dodong atau juga disebut pisau dodong adalah senjata tradisional Bengkulu yang juga cukup populer. Akan tetapi, kepopuleran dodong bukan karena daya serang senjata ini yang mematikan, melainkan karena ia kerap digunakan sebagai pelengkap pakaian adat Bengkulu yang dikenakan para pengantin pria. Di Museum Bengkulu kita dapat melihat senjata ini terpajang di salah satu kotak kaca.
Senjata Tradisional Dodong

5. Senjata Tradisional Rudus

Di antara senjata tradisional Bengkulu lainnya, rudus merupakan salah satu senjata utama yang digunakan ketika perang kemerdekaan. Senjata ini nampak seperti sebilah golok biasa dengan satu mata yang tajam, namun bila digunakan oleh orang yang berpengalaman ia bisa menjadi senjata yang mematikan untuk menumpas musuh-musuhnya.
Senjata Tradisional Rudus
Bila kita perhatikan logo resmi Provinsi Bengkulu, kita akan melihat 2 buah pedang yang saling bersilangan pada bagian tengah logo tersebut. Kedua bilah pedang itulah yang bernama rudus. Rudus dianggap penting bagi kehidupan masyarakat Bengkulu selain karena merupakan perlambang harga diri dan senjata pamungkas untuk melawan penjajahan, juga karena ia memiliki nilai sakral terutama dalam prosesi penobatan datuk raja di masa silam.


Search Populer:
  • pakaian tradisional bengkulu
  • gambar senjata tradisional dari lampung
  • rumah tradisional bengkulu
  • tarian tradisional bengkulu
  • makanan tradisional bengkulu
  • alat musik tradisional bengkulu
  • kuduk bengkulu
  • senjata tradisional bengkulu rudus