Suku Tana 'Ai, dari Nusa Tenggara Timur ( Artikel Lengkap )

Suku Tana 'Ai, adalah suatu masyarakat adat yang berdiam di kabupaten Sikka, di Flores Timur, pulau Flores provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Populasi orang Tana 'Ai lebih dari 6.000 orang.
Istilah "tana 'ai" berarti "orang-orang dari tanah hutan", merupakan sebutan yang digunakan oleh orang Tana 'Ai sendiri maupun di luar orang Tana 'Ai.
Seperti suku-suku lain di Flores Timur, orang Tana 'Ai juga memiliki ketrampilan membuat tenun ikat yang indah, dan memiliki kekhasan tersendiri.

Baca Juga:

Sejarah Suku Ekagi dari Papua ( Artikel Lengkap )


Orang Tana 'Ai berbicara dalam bahasa Tana 'Ai yang dianggap sebagai dialek Sikka, cabang dari keluarga bahasa Austronesia. Orang Tana 'Ai menetap di bagian timur pegunungan kabupaten Sikka. Bahasa Tana 'Ai memiliki perbedaan dengan bahasa Sikka, selain itu juga memiliki beberapa perbedaan dalam tradisi dan budaya. Bahasa Tana 'Ai adalah bahasa yang kompleks dan termasuk rumit.
Pemukiman orang Tana 'Ai yang terisolasi menyebabkan mereka tidak mendapat banyak pengaruh dari luar sampai saat ini. Orang Tana 'Ai sejak dulu tinggal di beberapa domain terorganisir secara longgar disebut Tana. Domain ini adalah entitas kurang teritorial, tetapi lebih ditentukan oleh batas-batas agama dan seremonial. Setiap tana dipimpin oleh kepala marga pendiri domain itu, dan juga memiliki Mahe sendiri, sebuah situs seremonial pusat yang ditemukan baik di pusat desa atau tempat di sekitar hutan.Dalam sejarah orang Tana 'Ai, pernah memiliki kerajaan mereka sendiri. 
Masyarakat suku Tana 'Ai, seperti kebanyakan suku-suku di Flores, memeluk agama Kristen Katolik, yang diterima ketika masuknya Portugis ke wilayah Flores. Walaupun begitu beberapa tradisi agama tradisional animisme dan terhadap roh-roh di alam masih dipercaya oleh sebagian orang Tana 'Ai.
 
Tradisi budaya suku Tana 'Ai yang utama adalah ritual sakral Gren Mahe yang dilaksanakan untuk menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada ibu bumi (Ina Nian Tana) dan bapa langit (Ama Lero Wulan Reta). Setiap desa-desa Tana 'Ai memiliki waktu yang berbeda dalam pelaksanaan ritual Gren Mahe, seperti di desa Kringa biasanya mengadakan Gren Mahe setiap 5 tahun, sedangkan di desa lain bisa setiap 7 tahun atau setiap 20 tahun, tergantung pada urgensi dan situasi ekonomi warga desa.
Pemimpin masyarakat Tana 'Ai', disebut Litin Pitu Lera Walu, yang mendapat izin dari nenek moyang mereka (Du'a Mo'an Watu Pitu) untuk memimpin desa melalui keputusan penting tentang organisasi dan pelaksanaan Gren Mahe. Kegiatan ritual Gen Mahe bisa berlangsung sampai 7 hari 7 malam. Pusat ritual desa memiliki 2 rumah panggung tradisional sementara, yaitu Woga dan Lepo. Rumah tradisional pertama, Woga, berisi satu set gong tradisional dan drum yang digunakan selama pertunjukan ritual. Di bawah rumah, tersedia hewan korban kambing dan babi. Rumah kedua, Lepo, berfungsi sebagai dapur umum tersedia makanan dan minuman dan sesaji disiapkan.

Baca Juga:

Sejarah Suku Dawan dari Nusa Tenggara Timur ( Artikel Lengkap )

 

Menurut adat setempat, itu adalah wajib bahwa setiap peserta Gren Mahe, termasuk tamu, harus menghormati leluhur Tana 'Ai dengan mengelilingi Mahe tiga kali. Acara diisi dengan kesenian beladiri yang disebut Labit. Tarian perkelahian disertai dengan gong gemuruh yang menunjukkan awal dan akhir putaran. Dengan jenis yang berbeda dari gerakan yang mencakup hit tampaknya tidak disengaja, dua lawan mulai saling menantang dan memicu perkelahian. Saat ini pejuang baik menggunakan tinju mereka atau tongkat kayu sebagai senjata, di masa lalu, mereka akan saling menyerang dengan parang, yang bisa menyebabkan pertumpahan darah dan cedera serius. Sebuah mitos mengatakan bahwa yang cedera harus pergi ke hutan dan kembali setelah semua luka cedera sembuh.
Labit diikuti dengan nyanyian gembira dan acara menari didedikasikan untuk perdamaian. Para wanita tampil mengenakan kostum ikat yang paling indah mereka dan melakukan rambut mereka di konde bun tradisional dihiasi. Perempuan yang sudah menikah tambahan mengenakan bahar Tibu, anting-anting emas khusus.
Upacara ditutup dengan ritual pengorbanan kambing dan babi. Daging mereka kemudian didistribusikan secara merata di antara anggota masyarakat.

Search Populer:
  • suku suku di indonesia dan asalnya
  • suku di indonesia berdasarkan provinsi
  • daftar nama nama suku di indonesia
  • jumlah suku bangsa di indonesia
  • macam macam suku di indonesia dan penjelasannya
  • macam macam suku bangsa dan uraiannya
  • suku bangsa di indonesia beserta gambarnya
  • suku bangsa yang ada di indonesia