Suku Yang ada Di Pulau Papua Lengkap

Suku Manem

Orang Manem mendiami Papua Barat bagian timur laut, dekat daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, di sebelah selatan kota Jayapura. Desa-desa mereka adalah Yeti, Wembi, Kibai, Uskuar, Griku, Skotiaho dan Skofro, dalam wilayah Kecamatan Arso. Jumlah populasinya sekitar 500 jiwa.

Suku Manikion

Suku bangsa ini mendiami daerah Kepala Burung Pulau Irian, di sebelah selatan kota Manokwari, di sebelah timur wilayah suku bangsa Meyak. Wilayahnya termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Bintuni, Anggi, Merdei dan Ransiki. Jumlah populasinya sekitar 12.500 jiwa. Mereka sendiri menyebut dirinya orang Sough. Desa-desa mereka antara lain Hoktu, Ira, Siwi, Aromi, Kofo, Testega, Ugarameta, Tuhoko, Mioguda, Timoforo, Maruru, Mesi, Hukbya dan Taigehi.

Suku Mekwai

Suku bangsa Mekwai bermukim di sebelah barat Danau Sentani, di sebelah utara Tanah Merah. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sentani, Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 1.200 jiwa. Nama lainnya Mooi, Moi, Moire, Menggei, Munggai, Mungge, Mengwei, Munkei. Desa-desa mereka antara lain Kendate, Wandadaya, Buyanggana, Kwnatemei, Waibron, Dozei, Weisamen, Maribu, Demenggong, Sabron, dan Sabeyao Besar.

Suku Meninggo

Suku bangsa ini berdiam di bagian tenggara Kepala Burung pulau Irian, di sebelah barat wilayah orang Manikion atau Sough, dan di bagian hulu sungai Wariori. Daerah persebaran mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Merdei, Kabupaten Manokwari.

Suku Momuna

Mereka mendiami daerah dataran tinggi di bagian selatan Pegunungan Jayawijaya, di sebelah selatan Wamena. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kurima, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Jumlah populasinya sekitar 1.200 jiwa. Suku bangsa lain menyebut mereka orang Somage. Desa-desa mereka antara lain Sum, Dekai, Moruku, Indama, Tuwo.

Suku Ndugwa

Nama lain suku bangsa ini adalah Nduga. Mereka berdiam di dataran tinggi, Pegunungan Jayawijaya bagian tengah, yaitu di sebelah selatan wilayah orang Dani Barat dan di sebelah utara Wilayah orang Asmat. Desa-desa mereka adalah Akimuga, Mapnduma dan Tanga. Semuanya terletak di wilayah Kecamatan Tiom, Jayawijaya.

Baca Juga:

Suku Yang ada Di Bengkulu Lengkap

Suku Nisa

Suku bangsa Nisa berdiam di pedalaman Papua, yaitu di sebelah timur Teluk Cendrawasih atau di sekitar Danau Nisa. Daerah ini berada dalam wilayah Kecamatan Waropen Bawah, di Kabupaten Yapen Waropen, Provins Papua. Jumlah populasinya sekitar 270 jiwa.

Suku Papasena

Suku bangsa ini mendiami daerah berdanau-danau (Lake Plain) di sebelah hilir Sungai Tariku (Idenburg), kia-kira di sebelah barat percabangannya dengan Sungai Taritatu (Rouffaer). Daerah mereka termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Memberamo Hulu dan Tor Atas, kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Jumlah populasinya sekitar 450 jiwa.

Suku Papuma

Suku bangsa ini mendiami sebuah desa di pantai selatan Pulau Yapen yang terletak di Teluk Cendrawasih, Provinsi Papua. Bahasa mereka termasuk kelompok bahasa Austronesia. Jumlah populasinya sekitar 650 jiwa. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Yapen Barat, Kabupaten Yapen Waropen, Provinsi Papua.

Suku Riantana

Suku bangsa ini mendiami sebagian Pulau Kolepom (Yos Sudarso) di Papua Barat bagian selatan. Daerahnya termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kimam, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Desa-desa mereka adalah Suam, Yaumuka, Iramoro, Konjobando, Kava, dan Yeraha. Jumlah populasinya sekitar 1.300 jiwa.

Suku Roon

Suku bangsa ini mendiami Pulau Roon yang terletak di Teluk Cendrawasih (Gelvink Bay) sebelah barat, yaitu di ujung Tanjung Mangguar (Wandamen). Daerah ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Wasior, Kabupaten Manokwari.

Suku Sangke

Orang Sangk berdiam di daerah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini di sebelah tenggara kota Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 200 jiwa.

Suku Arandai

Suku bangsa Arandai atau Yaban berdiam di bagian tenggara Kepala Burung pulau Irian, yaitu di sebelah barat Sungai Wariaga dan di sekitar daerah aliran Sungai Sebyar (Timoforo).

Suku Arfak

Orang Arfak mendiami daerah Kepala Burung Irian, yaitu di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Wamare, Kabupaten Manokwari. Jumlah populasinya sekitar 700 jiwa.

Suku Arguni

Orang Arguni berdiam di pantai barat laut Semenanjung Bomberai dan di sebuah pulau kecil yang terletak di teluk Berau dalam wilayah Kecamatan Kokas, Kabupaten Fakfak.

Suku Sasawa

Suku bangsa ini mendiami daerah aliran Sungai Apawar bagian tengah, yaitu di wilayah utara Papua, di sebelah tenggara Sarmi. Jumlah populasinya sekitar 200 jiwa yang berdiam di sebuah desa, Sasawa. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Jayapura.

Suku Sause

Orang Sause mendiami daerah sebelah barat daya Danau Sentani, di sebelah barat laut Lereh, yaitu di desa Ures, Mubaron, Bokoko, Witi Yadow, Lidia, dan Puaral. Jumlah populasinya sekitar 600 jiwa. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Kaureh, Kabupaten Jayapura.

Suku Sawi

Suku bangsa ni mendiami daerah bagian selatan Papua Barat, yaitu di sebelah hulu Sungai Fayit. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Pantai Kasuari (Pirimapun) dan Atsy, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Pemukiman mereka sebagian bercampur dengan pemukiman orang Asmat. Populasinya sekitar 4.000 jiwa. Desa-desa mereka antara lain : Bawor, Kagami, Tambor, Ero-Sato, Minahai, Comoro, Uyar-Kagas, Sanepay, Isaip, Esobor, Wiagas, Saremit, Kamur, Kainum. Nama lainnya : Sawuy, Aeyaroh.

Suku Seget

Orang Seget berdiam di daerah Kepala Burung Papua, yaitu di sebelah barat daya kota Sorong, di sebelah barat wilayah orang Moi. Desa-desa mereka adalah Sailolof, Walian, Segum dan Seget. Daerah itu termasuk Kecamatan Seget, Kabupaten Sorong.

Suku Sekar

Orang Sekar termasuk salah satu dari sekian banyak suku bangsa kecil yang mendiami Semenanjung Bomberai. Daerah mereka terletak di sebelah barat daya, yaitu di wilayah Kecamatan Kokas, Kabupaten Fakfak.

Suku Seko

Orang Seko, Sko atau Seka berdiam di daerah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, kira-kia di pesisir timur laut muara Sungai Tami. Desa-desa mereka adalah Sko-Yambe, Sko-Mabo, dan Sko-Sai, dalam wilayah Kecamatan Abepura. Jumlah populasinya sekitar 500 jiwa.

Suku Sela

Suku bangsa ini berdiam di sebelah selatan dan tenggara daerah orang Korapun di kecamatan Kurima, Kabupaten Jayawijaya. Jumlah populasinya sekitar 1.000 jiwa. Masih satu kelompok dengan suku bangsa Koropun.

Suku Semimi

Orang Semimi mendiami daerah bagian selatan leher Burung Pulau Papua, yaitu di sekitar Teluk Etna, sampai ke arah Teluk Triton. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Teluk Etna, Kabupaten Fakfak, jumlah populasinya sekitar 300 jiwa.

Suku Sempan

Orang Sempan mungkin masih bagian dari suku bangsa Mimika. Mereka berdiam di daerah pantai selatan Papua, yaitu di sekitar muara sungai Cemara, Blummel dan Armandville, antara Kokonao dan Agats. Jadi di sebelah timurnya berdiam orang Asmat dan di sebelah barat subsuku bangsa Kamoro. Daerah mereka termasuk wilayah Kecamatan Kokonao, Kabupaten Merauke, Papua Barat. Populasinya sekitar 2.000 jiwa. Desa-desa mereka antara lain : Sumapero, Ipem, Wapu, Omawka, Moparawapi, Nateaymi, Farmapi dan Otokwa. Nama lainnya : Nararapi.

Suku Sentani

Suk bangsa ini berdiam di wilayah Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura. Terutama di sekitar Danau Sentanu dan sebagian di kotamadya Jayapura. Jumlah populasinya sekitar 25.000 jiwa.

Suku Serui

Orang Serui atau Serui Laut atau Arui berdiam di Pulau Yapen bagian tengah, di Pulau Nau di sebelah selatan Pulau Yapen, dan di teluk Cendrawasih, Kecamatan Yapen Selatan, Yapen Barat dan Yapen Bawah. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah Kabupaten Yapen Waropen. Jumlah populasinya sekitar 1.300 jiwa.

Suku Simai

Simai adalah salah satu subsuku dari suku bangsa Asmat yang mendiami beberapa desa di Kecamatan Sawa, Agats, dan Atsy di bagian pedalaman Kabupaten Merauke, Papua Barat.

Suku Sobei

Orang Sobei disebut juga orang Biga yang mendiami daerah pantai utara Papua sebelah barat, yaitu di sebelah timur Kecamatan Sarmi. Desa-desa mereka antara lain Sarmi, Sawar, Wakde, dan Bugiserwar. Jumlah populasinya sekitar 2.000 jiwa. Daerah tersebut termasuk Kecamatan Sarmi, Kabupaten Jayapura.

Suku Suabau

Orang Suabau atau Suabo menggunakan bahasa Inanwatan, mendiami daerah pesisir selatan Kepala Burung Pulau Papua, di ujung Teluk Berau. Daerah tersebut termasuk wilayah Kecamatan Inanwatan, Kabupaten Sorong. Jumlah populasinya sekitar 1.300 jiwa.

Suku Syiaga-Yenimu

Suku bangsa Syiaga atau Yenimu ini berdiam di Papua bagian tenggara, tidak jauh dari pantai selatan, di sebelah utara dari bagian hilir Sungai Digul, di sebelah utara dan barat laut wilayah orang Marind Anim. Daerah ini termasuk wilayah kecamatan Jair, Kabupaten Merauke, Papua Barat.

Suku Tabla

Suku bangsa Tabla berdiam di daerah pantai utara Papua, mulai dari kampung Yongsu Kecil di bagian paling timur sampai ke kampung Bukisi di sebelah barat. Daerah mereka termasuk ke dalam wilayan Kecamatan Depapre dan Kecamatan Demta, Kabupaten Jayapura.

Suku Tandia

Orang Tandia mendiami daerah Leher Burung Pulau Papua, yaitu di sebelah selatan Tanjung Mangguar (Wandamen), atau di sekitar daerah aliran Sungai Wosimi, dalam wilayah Kabupaten Manokwari. Jumlah populasinya sekitar 400 jiwa. Desa-desa mereka adalah Webi, Kobei dan Uriemi, di Kecamatan Wasior.

Suku Taori

Suku bangsa ini berdiam di daerah Lake Plains, tidak jauh dari lapangan terbang Kaiy di bagian hilir sungai Roffaer (Tariku). Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Ilu di Kabupaten Paniai.

Suku Tarfia

Orang Tarfia atau Tarpia berdiam di Papua bagian utara yaitu dekat wilayah orang Demta, Kaure, Bonggo, Nimboran dan Gressi. Desa-desa mereka yaitu Tarfia dan Kaptiu, termasuk dalam wilayah kecamatan Demta, kabupaten Jayapura.

Suku Taurap

Orang Taurap bermukim di desa Burumaso dan di beberapa desa lain di sekitarnya. Daerah ini terletak di sebelah timur laut desa pelabuhan udara Danau Holmes, yaitu di sebelah barat bagian pertengahan Sungai Memberamo yang berada dalam wilayah Kabupaten Yapen Waropen.

Suku Wanggom

Orang Wanggom atau Wanggo berdiam di sekitar daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini bagian selatan, dekat daerah aliran Sungai Digul, sebelah utara wilayah orang Kaeti. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Kouh, Kabupaten Merauke, Papua Barat. Jumlah populasinya sekitar 1.000 jiwa. Desa-desa mereka antara lain Komanik, Tugunop, Beteyop, Nenop, Mitop, Gotopin, Ndainop, Wagariop, Wayop, Mainak.

Suku Wano

Orang Wano berdiam di daerah Pegunungan Tengah Jayawijaya yaitu di sebelah hulu lembah Sungai Taritu (Raouffaer), di sebelah utara wilayah orang Dani Barat, di sebelah selatan wilayah orang Dem, dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Sinak dan Mulia, di Kabupaten Paniai.

Suku Warembori

Orang Warembori mendiami daerah muara aliran Sungai Memberamo di pantai utara Papua. Termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Jayapura. Desa mereka : Warenbori, Teba, dan Yoke.

Suku Waris

Suku bangsa ini berdiam di sekitar daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Jumlah populasinya sekitar 4.000 jiwa, dimana sekitar 1.500 jiwa di antaranya berdiam di Kecamatan Waris, Kabupaten Jayapura, yaitu desa-desa Ampas, Komieti, Mayor dan Waris.

Suku Waropen

Suku bangsa Waropen mendiami daerah sekitar pantai Teluk Cendrawasih bagian timur, terutama di sekitar Punuk Burung Pulau Papua yang berhadapan dengan Pulau Yapen dan sebagian lagi menghuni Pulau Yapen bagian selatan.

Suku Wiri

Orang Wiri berdiam di sekitar daerah berdanau-danau di Papua bagian tengah, yaity di sebelah selatan aliran sungai Van Daalen, atau di sebelah utara wilayah Orang Dani Barat, Mulia. Daerah tersebut termasuk dalam wilayah Kecamatan Mulia, Kabupaten Paniai.

Suku Woi

Orang Woi adalah salah satu suku bangsa yang berdiam di Pulau Miosnum dan Pulau Yapen bagian barat yang terletak di Teluk Cendrawasih. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Yapen Barat, Kabupaten Yapen Waropen. Jumlah populasinya sekitar 1.500 jiwa.

Suku Wolani

Orang Wolani disebut juga Wodani atau orang Woda mendiami bagian barat dataran tinggi di wilayah Pegunungan Jayawijaya, yaitu di sekitar daerah aliran Sungai Kamandonga dan Mbiyandogo, di sebelah utara wilayah suku bangsa Ekagi, sekitar 75 mil di sebelah timur laut Danau Paniai. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Arodide di Kabupaten Paniai. Jumlah populasinya sekitar 5.000 jiwa.

Suku Woriasi

Orang Woriasi mendiami Pulau Yapen yang terletak di Teluk Cendrawasih, Papua, yaitu di daerah pesisir selatan dan timurnya. Daerah ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen.

Suku Yahadian

Yahadian adalah suku bangsa yang mendiami bagian selatan daerah Kepala Burung Pulau Papua, yaitu di antara Sungai Mintamani bagian hilir dan lembah Sungai Sekak, serta di beberapa kampung yang berdiri memanjang di Teluk Berau. Daerah mereka termasuk dalam wilayah Kecamatan Inanwatan, Kabupaten Sorong. Jumlah populasinya sekitar 800 jiwa.

Suku Yahrai

Orang Yahrai menetap di sekitar daerah muara Sungai Digul, di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Barat. Daerah mereka dikelilingi oleh wilayah orang Awyu. Bahasa mereka masih satu rumpun dengan bahasa Marind-Anim dan Boazi, karena itu ada anggapan bahwa suku bangsa ini sebenarnya bagian dari orang Marind Anim atau Boazi yang mengambil alih wilayah orang Awyu.
  

Search Populer:
  • 10 suku di papua
  • suku yang terkenal di papua
  • suku asli papua barat
  • suku bangsa papua barat
  • suku di papua barat
  • bahasa di papua
  • nama suku di sulawesi
  • suku di papua yang masih kanibal
  • suku muna sulawesi tenggara
  • Suku indonesia Terlengkap
  • suku indonesia
  • Daftar suku indonesia
  • Suku di Nusantara Terlengkap
  • Suku dari Sabang sampai Merauke Lengkap
  • Suku di indonesia beserta gambarnya