Friday, 7 September 2018

Artikel Lengkap Candi Hindu di Indonesia dan Letaknya

Indonesia punya banyak bagunan candi bersejarah peninggalan Kerajaan Kediri, Mataram, Singosari,dan Majapahit. Mereka dipenuhi relief dan ukiran yang terpahat apik, berdiri megah, terlihat gagah. Pada zaman kerajaan saat itu, mayoritas agama yang mereka anut adalah agama hindu. Itu mengapa tercipta candi hindu seperti berikut.

1. Candi Prambanan
Datang ke Sleman, Yogyakarta. Lagian candi bercorak hindu ini sudah terkenal sampai ke luar negeri. Ini karena arsitekturnya tampak menjulang indah dan ramping. Ketinggiannya sampai 47 meter. Ini adalah Candi Hindu di Indonesia terbesar sekaligus terindah di Asia Tenggara.

2. Candi Cetho
Letaknya di Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya di bagian barat pegunungan Lawu. Sekitar abad ke-15 lah candi hindu yang melegenda ini berdiri. Saat itu pada era zaman Majapahit. sampai sekarang Sejarah Candi Cetho masih dijadikan tempat pemujaan bagi pemeluk agama hindu di kawasan Jawa Tengah.

3. Candi Sukuh
Candi hindu ini juga berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya nggak jauh kok dari Candi Cetho yaitu candi sukuh. Candi bercorak hindu hasil peninggalan kerajaan Majapahit ini punya halaman yang terdiri tiga terasyang kalau dilewati. Selain itu, di candi hindu ini juga terkenal dengan tempat pemujaan yang dinamai Lingga dan Yoni.

4. Candi Dieng
Candi hindu ini berada di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Menurut sebagian penduduk sekitar, candi hindu ini dianggap juga sebagai tempat arwah leluhur pada zaman Mataram Hindu. Sejarah Candi Dieng sudah banyak didengar oleh masyarakat.

5. Candi Gedong Songo
Masih di Jawa Tengah, tepatnya di ibu kota, yaitu Semarang. Sejarah Candi Gedong Songo kalau diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu artinya sembilan bangunan. Di situ ada sembilan candi yang tersebar di berbagai kawasan. Meskipun lokasi sembilan candi ini nggak berdekatan.

6. Candi Pringapus
Candi Hindu di Indonesia selanjutnya adalah Candi Pringapus. Lokasinya di Temanggung, Jawa Tengah. Diperkirakan Candi Pringapus dibangun sekitar tahun 850 Masehi. Melalui tangan arsitek, candi ini diperkirakan sebagai candi hindu Siwaistik. Digunakna untuk tempat pemujaan Dewa Siwa.

7. Candi Arca Gupolo
yang berlokasi perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di candi hindu ini terdapat kumpulan dari tujuh buah arca bercorak agama hindu. Tujuh buah arca itu adalah Dewa Hindu. Mereka berbentuk dalam posisi tanpa kepala.

8. Candi Gunung Sari
Lokasinya di Magelang, Jawa Tengah tidak begitu jauh dari Gunung Wukir Magelang. Diperkirakan candi hindu ini dibangun pada abad ke-6, yang artinya lebih tua daripada Candi Borobudur atau Candi Prambanan.

9. Candi Asu
Candi Asu yang lokasinya tepat di kaki Gunung Merapi. Candi Asu ini yang menamakan warga setempat. Karena salah satu patung yang menjadi iconic di dalam candi mirip anjing, atau asu kalau dalam bahasa Jawa. Padahal patung itu adalah patung Anandi, hewan lembu betina milik Dewa Siwa.

10. Candi Sambisari
Lokasinya di Sleman, Yogyakarta. Candi hindu ini berada di dalam tanah, karena terkubur material vulkanik Gunung Merapi. candi hindu ini ditemukan tanpa sengaja oleh seorang petani setempat di tahun 1996.

11. Candi Penataran
Yang khusus memuja dewa Siwa ini dibangun pada masa raja Srengga dari kerjaan kediri. Candi ini juga masih digunakan pada masa raja Wirakramawardhana di era sejarah kerajaan majapahit sekitar 1415 masehi. Candi ini Masih digunakan untuk upacara keagamaan.

12. Candi Cangkung
Candi Hindu di Indonesia selanjutnya adalah candi Cangkung. Candi ini ditemukan oleh tim peneliti Harsoyo dan Uka Tjandrasasmita. Candi ini dipercaya berdiri pada abah ke 8 masehi pada masa Purnawarman dari Tarumahegara dan awal kerajaan Pajajaran. Candi ini merupakan candi untuk sekte Siwaistik, atau pemuja dewa Siwa.

13. Candi Sari
Candi yang terletak di gunung Wukir, Kecamatan Salam, Magelang. Terletak di dataran tinggi dan candi ini khusus menyembah Dewa Siwa atau masuk dalam golongan Siwaistik. Candi ini berumur lebih tua dari candi Gunung Wukir yang terletak tidak jauh dari kompleks candi ini.

14. Candi Gunung Wukir
Candi yang terletak di lokasi yang sama dengan candi Gunung Sari ini berusia lebih muda. Hal ini ditandai dengan usia batu andesit yang diperkirakan berusia 732 tahun. Luas area candi 50 x 50 m ditemukan  prasasti canggal, altar yoni, ptung lingga dan patung Andini (lembu betina).

15. Candi Jago
Candi yang menurut penelitian dibangun abad ke 13 masehi pada masa kerajaan Singosari ini. candi ini terdapat di daerah Tumpang, Malang Jawa timur. Di Candi Jago terdapat dua cerita relief yang menjadi dasar pendirian candi, yakni relief Kunjakarna dan Pancatantra.

16. Candi Kedulan
Candi yang ditemukan oleh penambang pasi pada tahun 1993 ini terletak di daerah kedulan, Kecamatan Kalasan Yogyakarta. Candi yang memiliki arsitektur dengan berciri khas mulut kala bertaring bawah. Candi ini diperkirakan berdiri sekitar abad ke-9 yaitu pada zaman Kerajaan mataram Kuno.


17. Candi Kimpulan
Candi dengan arsitek Siwaistik ini diperkirakan dibangun pada kurun waktu antar abad ke-9 sampai abad ke-10. Pada zaman kerajaan Mataram kuno. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Candi UII tapi pihak yayasan kampus menamainya Pustakasala dalam bahasa sansekerta berarti perpustakaan.

18. Candi Barong
Candi Hindu di Indonesia selanjutnya adalah candi barong. Yang dinamakan barong karena banyak arsitektur relief yang mirip barong ini berada didaerah prambanan. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Medang pada abad ke-9. Berbeda daripada candi-candi lain di Yogyakarta yang bersifat siwaistik.

19. Candi Ijo
Candi yang kira-kira berlokasi 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Candi yang ditemukan dengan luas sekitar 0.8 hektare ini diperkirakan memiliki luas yang lbih besar. Dinamakan Candi Ijo karena berada di daerah Gumuk atau dalam bahasa Indonesia disebut Bukit Hijau.

20. Candi Gebang
Candi yang ditemukan pada tahun 1936 ditemukan oleh arkeolog Belanda Van Remondt. Setahun setelah ditemukan dilakukan pemugaran dari tahun 1937-1939. Candi ini terletak di daerah Wedomartani, di dusun Gebang, Sleman.

21. Candi Jawi
Candi Jawi atau nama asalnya Candi Jajawa di bangun pada masa kerajaang Singosari yaitu pada abad ke-13. Candi yang dibangun untuk peribadatan Raja Kertanegara ini merupakan candi siwaistik.

22. Candi Singasari
Candi yang didirikan oleh kerajaan Singosari ini sering disebut juga Candi Singosari. Terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singasari, Malang, Jawa Timur. Candi ini terletak diantara dua lembah di pegununggan Tengger dan gunung Arjuna.

23. Candi Surawana
Candi yang aslinya bernama Candi Wishnubhawanapura ini dibangun untuk menghormati Bhre Wengker pada abad ke-14. Bhre Wengker adalah raja kerajaan Wengker dalam Sejarah Kerajaan Majapahit.

24. Candi Brahu
Menurut prasasti mpu sendok, candi ini dibangun untuk melakukan kremasi terhadap raja-raja. Tapi tidak pernah ditemukan bekas abu pembakaran. Candi ini dibangun menggunakan bata merah dan telah dilakukan pemugaran dari tahun 1990-1995

25. Candi Gentong
Saat ini hanya berupa tumpukan batu bata merah. menurut Verbeek pada tahun 1889, Candi Gentong masih terlihat sebagai bangunan. Namun tahun 1907 candi gentong sudah tidak berbentuk lagi. Candi Gentong pernah di lakukan pemugaran dari tahun 1995 sampai tahun 2000.

26. Candi Bajang Ratu
Candi Hindu di Indonesia selanjutnya yaitu Candi Bajang Ratu. Candi ini berberntuk seperti gapura. Dibangun pada masa kerjaan Majapahit yaitu abad ke-14. Pembangunan candi ini yang dikenal sebagai Gapura Bajang Ratu, untuk memperingati wafatnya Raja kedua Majapahit pada tahun 1328.

26. Candi Tikus
Terletak di kompleks trowulan. Candi yang ditemukan kembali pada tahun 1914. Penemuan diinisiasi oleh Bupati  Mojokerto saat itu R.A.A Kromojoyo adinegoro. Candi ini dipugar 1984 sampai 1985. Penamaan candi ini dikarenakan awal penemuannya sebagai sarang Tikus.

27. Candi Mojongmende
Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-7 lebih muda dari pada Candi Dieng. Candi ini berumur lebih tua dibandingkan candi yang terdapat di daerah Jawa Tengah dan jawa Timur. Candi ini terdapat di Dusun Bojongmende, Rancaekek, Bandung, Jawa Barat.

28. Candi Losari
Candi unik ini di temukan di Dusun Losari Desa Salam, magelang Jawa Tengah. Candi ini ditemukan oleh petani salak pada tanggal 11 Mei 2004. Menurut Badri sang penemu candi.

29. Candi Liyangan
ini ditemukan pada tahun 2008 di lereng Gunung Sundoro di Dusun Liyangan, Ngadirejo, Kecamatan Temanggung, Jawa Tengah. Candi Liyanga diindikasi sebagai kompleks pemukiman, ritual, sekaligus pertanian.

30. Candi Morangan
yang dibangun pada zaman Mataram Kuno. Ditemukan pada tahun1884 di kedalaman 6.5 meter dibawah permukaan tanah. Candi ini terletak di Dusun Morangan, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
31. Candi Abang
ini terletak di Kelurahan Jogotirto, Sleman. Candi ini berbentuk piramida. Dinamakan candi abang karena menggunakan  bata merah. Keunikan candi ini karena terdapat yoni atau arca dewa Siwa yang berbentuk segidelapan.

32. Candi Jabung
Candi Jabung terdapat di Desa Jabung, Probolinggo, Jawa Timur. Candi yang dibangun pasa masa sejarah kerajaan majapahit. Candi ini mengalami pemugaran pada tahun 1983-1987.

33. Candi Lor
Candi ini dianggap sebagai candi cikal bakal berdirinya Kabupaten nganjuk. Dalam areal candi ini terdapat dua makam abdi dalem Mpu Sendok.

34. Candi Merapi
Candi ini memiliki luas 50m x 48m ini dibangun di daerah Purwomartani, Sleman, Yogyakarta. Pada abad ke-11 candi ini tertutup tanah vulkanis akibat letusan Gunung Merapi.

35. Candi Wukir
Luas area candi 50 x 50 m ditemukan  prasasti canggal, altar yoni, ptung lingga dan patung Andini (lembu betina). Candi ini tidak banyak mendapat pemugaran sejak ditemukan. Itu dibuktikan masih banyaknya bebatuan candi yang berserakan.

36. Candi Kidal
Masih di Jawa Timur, tepatnya di Malang. Candi hindu bekas peninggalan kerajaan Singasari ini berdiri tegak dan gagah. Kamu akan merasakan betapa orang zaman dulu punya kekuatan maha hebat. Sejarah Candi Kidal dibangun sekitar 1248 masehi. Artinya usia candi hindu ini udah sekitar 768 tahun. terakhir pemugaran pada tahun 1990.

37. Candi Pringapus
Candi Pringapus dibangun berdasarkan bentuk Gunung Mahameru. Gunung Mahameru dipercaya oleh masyarakat Hindu Kuno sebagai tempat berdiamnya para dewa.

38. Candi Songo
Candi Hindu di Indonesia selanjutnya adalah candi songo. Candi ini baru ditemukan pada tahun 1840 oleh Stamford raffles ketika melakukan penelitian di gunung Ungaran. Tepatnya di desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Semarang Jawa Tengah.

39. Candi Arca
Terdapat 7 arca yang memiliki aksen candi agama hindu pada umumnya. Seperti arca agastya yang besarnya mencapai 2 meter. Arca agastya ini identik dengan trisula. Dimana trisula adalah simbol dewa Siwa.

40. Candi Sewu
Kompleks Candi sewu merupakan kompleks Candi Peninggalan Agama Hindu cukup besar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Berdasarkan prasasti Siwagrha, diketahui bahwa candi ini mulai dibangun sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan.

Artikel Terkait