12 Alat Musik Tradisional dari Sumatera Utara Terlengkap

Suku Batak, Nias, Deli, Karo, dan beberapa suku asli di Provinsi Sumatera Utara memang mempunyai kebudayaan yang saling berbeda-beda. Perbedaan budaya diantara entitas-entitas tersebut dapat dilihat dari beraneka ragamnya alat musik tradisional.
Di Provinsi Sumatera Utara sendiri setidaknya ada 12 alat musik yang dapat kita temukan bahkan sampai saat ini. Nah apa sajakah alat musik tersebut? Berikut ini 12 alat musik tradisional dari Provinsi Sumatera Utara :

1. Alat musik tradisional Sumatera Utara - "Pangora"


Kalo di Jawa kita mengenal alat musik Gong, dengan bentuk yang relatif sama di Sumatera Utara alat musik semacam itu disebut dengan alat musik Pangora.
Panggora merupakan alat musik sejenis Gong namun suara bunyinya sedikit unik, bunyi Panggora seperti itu karena memang alat musik jenis itu dimainkan oleh satu orang dengan pukulan menggunakan stik, lalu setelah suara muncul nanti diredam dengan pegangan tangan.
Panggora ini adalah gong yang paling besar dengan ukuran diameter mencapai 37 cm dengan tebalnya sekitar 6 cm. Panggora mempunyai bentuk berupa gong berukuran amat besar, besarnya melebihi Aramba dan Faritia. Panggora terbuat dari logam seperti besi, kuningan atau perunggu, Suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut nyaring dan keras.

Pangora, Alat musik dari Sumatera Utara
Pangora, Alat musik dari Sumatera Utara

2. Alat musik dari Sumatera Utara - "Gordang"


Lain Pangora lain pula Gordang.. di Pulau Jawa kita mengenal alat musik gendang/kendang yang dimainkan dalam kesenian gamelan dsb, nah di Sumatera Utara kita bisa mengenal alat musik yang mirip dengan kendang. Namanya adalah alat musik Gordang.
Gordang (single headed drum) adalah salah satu alat musik Batak Toba, yaitu satu buah gendang yang lebih besar dari taganing yang berperan sebagai pembawa ritem konstan mau pun ritem variable.
Alat musik dari Sumatra Utara yang dikenal dengan nama Gordang ini dibuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul.


Baca Juga:

4 Alat Musik Tradisional Provinsi


Alat Musik Tradisional Gordang
 

3. Alat musik dari Sumatera Utara - "Doli-Doli"

Alat musik Doli-Doli sangatlah unik, secara sekilas mungkin akan ada orang yang beranggapan bentuknya menyerupai angklung, hanya saja cara memainkan dan memegangnya berbeda. Di daratan Melayu, masyarakat daerah sana mengenali Doli-Doli dengan sebutan Kolintang
Doli-Doli terbuat dari 4 bilah kayu dan alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik tradisional Sumatera Utara Doli-Doli, bisa anda jumpai di dearah Nias. Alat musik ini dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional yang lainnya seperti Aramba dan pakpak.
. Alat musik tradisional Sumatera Utara jenis ini banyak dijumpai di daerah Nias.

 

4. Alat musik dari Sumatera Utara - "Druni Dana"

Druni dana juga berasal dari pulau Nias. Kalau Doli-doli terbuat dari kayu, Druni Dana ini terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sampai hampir menyerupai garpu tala.

5. Alat musik dari Sumatera Utara - "Faritia"

Faritia terbuat dari bahan logam atau kuningan, alat musik tradisional ini termasuk golongan alat musik idiophone (alat musik yang menghasilkan suara dari getaran). Bentuk alat musik Faritia seperti Talempong dari Padang dan gamelan dari Jawa.
Fatiria berbentuk bundar dengan diameter 23 cm dan ketebalannya 4 cm dengan bagian tengah yang menonjol untuk dipukul. Fatiria dimainkan dengan alat pemukul khusus yang disebut Simalambuo atau kayu Duria, kabarnya Fatiria merupakan alat barter pada jaman dulu yang dijadikan alat musik tradisional oleh masyarakat Nias.
Faritia memang sangatlah mirip dengan Gong, hanyasaja ukurannya lebih kecil dibanding Gong. Cara memainkannya-pun juga sama seperti gong, dipukul dan nantinya akan mengeluarkan bunyi yang khas.

 

6. Alat musik dari Sumatera Utara - "Gonrang"


Gonrang  (Bahasa Simalungun yang berarti Gendang) ini hampir sama dengan Gordang yaitu alat musik tradisional Sumatera Utara yang mirip dengan gendang. Banyak dijumpai di daerah Kabupaten Simalungun di Sumatera Utara.


7. Alat musik Sumatera Utara - "Hapetan"

Alat musik tradisional Hapetan merupakan alat musik tradisional dari Sumatera Utara. Alat musik ini mirip dengan alat musik kecapi, yaitu berdawai dan dimainkan dengan cara dipetik. Hapetan juga disebut Hasapi atau Kucapi. Berikut sebuah video permainan alat musik Hacapi/Hapetan yang bersumber dari youtube :

8. Alat musik Sumatera Utara - "Sarune Bolon"

Sarune Bolon adalah alat musik traidisional dari Sumatera Utara yang terbuat dari kayu, tanduk kerbau dan kayu arung sebagai "ipit ipit" (Double Reed) sebagai sumber suara.., dimainkan dengan cara ditiup.
Cara meniup sarune Bolon adalah dengan cara "marulak hosa" (circular breathing) dimana nafas ditarik tetapi tanpa menghentikan suara sarune tersebut.
Alat musik tradisional Sarune BOLON Batak Tobaini dipakai dalam GONDANG SABANGUNAN, Sarune Bolon adalah pembawa melody dan sebagai pembawa lagu dalam Gondang Batak.
 Berikut ini video yang bersumber dari facebook tentang Sarune Bolon :


9. Alat musik tradisional Sumatera Utara - "Garantung"

Alat Musik Tradisional Garantung
Garantung (dibaca garattung) adalah salah satu alat musik Batak Toba, Sumatera Utara yang merupakan pembawa melodi yang terbuat dari kayu dan memiliki lima bilah nada.
Klasifikasi instrument ini termasuk ke dalam kelompok xylophone.
Selain berperan sebagai pembawa melodi, juga berperan sebagai pembawa ritem variable pada lagu-lagu tertentu, dimainkan dengan cara mamalu (memukul 5 bilah nada).
Garantung terdiri dari 7 wilahan yang digantungkan di atas sebuah kotak yang sekaligus sebagai resonatornya. Alat musik ini dimainkan dengan menggunakan dua buah stik untuk tangan kiri dan tangankanan. Sementara tangan kiri berfungsi juga sebagai pembawa melodi dan pembawa ritme, yaitu tangan kiri memukul bagian tangkai garantung dan wilahan sekaligus dalam memainkan sebuah lagu.

10. Alat musik tradisional Sumatera Utara - "Taganing"

Alat musik taganing
Taganing adalah salah satu alat musik Batak Toba, yang terdiri lima buah gendang yang berfungsi sebagai pembawa melodi dan juga sebagai ritem variable dalam beberapa lagu.
Klasifikasi instrumen ini termasuk ke dalam kelompok membranophone, dimainkan dengan cara dipukul membrannya dengan menggunakan palupalu (stik).
Taganing adalah drum set melodis (drum-chime), yaitu terdiri dari lima buahgendang yang gantungkan dalam sebuah rak. Bentuknya sama dengan gordang, hanyaukurannya bermacam-macam. Yang paling besar adalah gendang paling kanan, dan semakin ke kiri ukurannya semakin kecil. Nadanya juga demikian, semakin ke kiri semakin tinggi nadanya. Taganing ini dimainkan oleh satu atau 2 orang dengan menggunakan dua buah stik. Dibanding dengan gordang yang relatif konstan, maka taganing adalah melodis.
Masuk dalam jenis alat musik membranphone yang berebentuk tabung, yang merupakan alat pukul atau tabuh. Seperangkat (set) Taganing terdiri 5 buah. Didalam sebuah permainan, posisi Taganing sangat penting. Selain tabuhan Taganing yang berpadu dengan melodi Serune, juga berfungsi sebagai dirigen yang memberikan aba-aba, dan memberikan pengaruh semangat pada semua musisi yang terlibat.

11. Alat musik tradisional Sumatera Utara - "Odap"

Odap adalah gendang dua sisi berbentuk konis. Odap juga terbuat dari bahan kayu nangka dan kulit lembu serta tali pengencang/pengikat terbuat dari rotan. Ukuran tingginya lebih kurang 34 –37 cm, diameter membran sisi satu 26 cm, dan diametermembran sisi 2 lebih kurang 12 –14 cm.
Cara memainkannya adalah, bagian gendang dijepit dengan kaki, lalu dipukul dengan alat pemukul, sehingga bunyinya menghasilkan suara dap…, dap…, dap…, dan seterusnya. Alat musik ini juga dipakai dalam ensambel gondang sabangunan.

12. Alat musik tradisional Sumatera Utara - "Ole-Ole"


Ole-ole (Aerophone : multi-reed) adalah alat musik tiup yang sebenarnya termasuk ke dalam jenis alat musik bersifat solo instrumen. Alat musik ini terbuat dari satu ruas batang padi dan pada pangkal ujung dekat ruasnya dipecah-pecah sedemikian rupa, sehingga pecahan batang ini menjadi alat penggetar udara sebagai penghasil bunyi (multi lidah/reed).
 
Alat musik ini juga terkadang dibuat lobang nada pada batangnya. Banyak lobang nada tidak beraturan tergantung kepada pembuat dan nada-nada yang ingin dicapai. Hal ini karena alat ini lebih bersifat hiburan pribadi. Pada pangkal ujungnya digulung daun tebu atau daun kelapa sebagai resonatornya, sehingga suara yang dihasilkan lebih keras dan bisa terdengar jauh. Alat musik ini bersifat musiman, yaitu ketika panen tiba.
e. Sordam
f. Talatoat
g. Balobat
h. Tulila

13. Gendang Singanaki

alat musik gendang singanaki
Gambar alat musik gendang singanaki
Gendang Singanaki terbuat dari Kayu dan potongan kulit binatang, Gendang yang sangat khas di daerah Batak Karo ini memiliki 2 bagian berbeda yak ni penganaki dan anak gendang yang disebut Gerantung / enek-enek, berukuran kecil ramping. Untuk memainkannya anda memerlukan alat memukulnya.
Gendang Singanaki berfungsi sebagai alat penentu ritme dalam sebuah ensambel musik, alat musik ini biasanya juga dimainkan bersamaan dengan alat musik lain seperti Sarune. Gendang Singanaki biasanya dimainkan pada saat upacara adat yang bernuansa religi atau acara guro-guro aron.

14. Gendang Sisibah/Pakpak

alat musik pakpak
Gambar alat musik pakpak
Jika anda mencari terjemahan dari Gendang Sisibah/pakpak ini, artinya adalah Sembilan gendang yang dimana salah satu sisinya diletakkan dalam satu rak yang dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu / alat pukul lainnya.
Gendang Sisibah banyak dijumpai di daerah Sumatera Utara untuk mengiringi upacarat adat yang ada di PakPak Dairi dalam acara suka ataupun duka
Bisa dibilang Gendang Sisibah merupakan Ensambel musik dari Pakpak, Sumatera Utara yang terdiri dari sembilan gendang (yang memiliki 1 sisi saja), Kalondang, Lobat, Kecapi, dan Gong. Lalu Ensambel musik ini dimainkan untuk mengiringi upacara-upacara adat di daerah sana.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat saya bagikan ke anda mengenai alat musik tradisional Sumatera Utara beserta keterangannya semoga kedepannya kita sebagai warga negara Indonesia semakin mengetahui dan mencintai kesenian dan budaya kita, terutama kesenian tradisional daerah.


Search Populer:
  • alat musik tradisional batak toba dan fungsinya
  • alat musik doli doli
  • alat musik tradisional sumatera barat
  • alat musik tradisional nias
  • alat musik dari daerah sunda antara lain
  • alat musik batak karo
  • contoh nama alat musik batak toba
  • alat musik gordang