6 Alat Musik Tradisional dari Bengkulu Terlengkap

Provinsi Bengkulu terletak di bagian barat daya pulau Sumatera. Di sebelah utara berbatasan dengan Sumatera Barat, di sebelah timur dengan Jambi dan Sumatera Selatan, sedangkan di sebelah selatan dengan Lampung.

Bengkulu memiliki kerajinan tradisional batik besurek, yakni kain batik yang dihiasi huruf-huruf Arab gundul dan diakui oleh pemerintah Republik Indonesia sebagi salah satu bagian warisan budaya Republik Indonesia serta turut memperkaya khazanah budaya di Indonesia. Kebudayaan Bengkulu memiliki beberapa ciri berbeda karena dipengaruhi oleh suku-suku berbeda yakni kebudayaan Bengkulu Selatan/suku Serawai, kebudayaan Rejang dan kebudayaan pesisir. Budaya tabot merupakan satu kultur unik yang memadukan tradisi lokal dengan Islam Syiah secara kultural.
Untuk urusan musik, Bengkulu memiliki beberapa kesenian tradisional. Seni musiknya adalah:
  • Geritan, yaitu cerita sambil berlagu.
  • Serambeak, yang berupa patatah-petitih.
  • Andei-andei, yaitu seni sastra yang berupa nasihat.
  • Sambei, yaitu seni vokal khas suku Rejang,biasanya untuk pesta perkawinan

Baca Juga:

Peninggalan Sejarah di Provinsi Aceh ( Artikel Lengkap )



Sedangkan alat musik tradisional yang ada di Bengkulu umumnya banyak pula dijumpai di provinsi lain. Mungkin ada 4 alat musik tradisional dari Bengkulu yang akan ditulis dalam kesempatan ini. Keempat alat musik tradisional dari Bengkulu itu adalah sebagai berikut :

1. Alat Musik Tradisional dari Bengkulu - "DOL"


Zaman dahulu, dol hanya dimainkan saat perayaan Tabot, setiap 1-10 Muharram dalam rangka mengenang wafatnya Imam Hasan dan Imam Husen (cucu Nabi Muhammad saw.) dalam sebuah peperangan di Padang Karbala. Ritual ini selalu dilaksanakan setiap tahun karena dipercaya dapat menghindarkan berbagai kesulitan dan wabah penyakit.
Penabuh dol pun bukan sembarang orang melainkan keturunan tabot, yaitu warga Bengkulu keturunan India yang biasa disebut sipai. Dol memang dikenalkan kali pertama oleh masyarakat Muslim India yang datang ke Indonesia dibawa Pemerintah kolonial Inggris yang saat itu membangun Benteng Malborough. Mereka kemudian menikah dengan orang lokal Bengkulu dan garis keturunannya dikenal sebagai keluarga tabot. Hingga tahun 1970-an, musik dol hanya boleh dimainkan orang-orang yang memiliki hubungan darah dengan keluarga tabot tersebut.
Sekilas dol berbentuk seperti beduk. Berbentuk setengah bulat lonjong dan berhiaskan ornamen warna-warni. Dol terbuat dari kayu atau bonggol kelapa yang terkenal ringan namun kuat atau kadang juga terbuat dari kayu pohon nangka. Bonggol pohon kelapa dilubangi dan bagian atasnya lalu ditutup kulit sapi atau kulit kambing. Diameter dol terbesar bisa mencapai 70-125 cm dengan tinggi 80 cm dan alat pemukulnya berdiameter 5 cm dan panjangnya 30 cm.
Dimainkan dengan cara dipukul, ada 3 teknik dasar memainkan dol, yaitu: disebut suwena, tamatam, dan suwari. Jenis pukulan suwena biasanya untuk suasana berduka cita dengan tempo pukulan lambat; tamatam untuk suasana riang, konstan dan ritmenya cepat; sementara suwari adalah pukulan untuk perjalanan panjang dengan tempo pukulan satu-satu. Dalam pementasan dol, ada intsrumen lain yang ikut mengiringi, seperti tassa (sejenis rebana yang dipukul dengan rotan), dol berukuran kecil, serunai, dan lainnya.

Alat Musik Tradisional dari Bengkulu - "DOL"


2. Alat Musik Tradisional dari Bengkulu - "Tasa"


Alat musik tradisional dari Bengkulu selanjutnya adalah Tasa. Tasa atau seing disebut pula Gendang Tasa berbentuk seperti rebana, terbuat dari tembaga, besi plat atau alumunium, dan juga bisa dari kuali yang permukaannya ditutup degan kulit kambing yang telah dikeringkan. Alat musik ini digunakan bersama dengan Dol, untuk acara Tabot yang dilaksanakan didaerah Bengkulu. Ketika ditepuk, selain dapat menghasilkan suara dari getaran kulit membrannya, rebana ini juga akan menghasilkan bunyi gemerincing dari hasil benturan beberapa logamnya. Alat musik yang juga dikenal dengan sebutan "Tassa" ini ditemukan dalam kebudayaan suku Muko-muko di Bengkulu Selatan pada tanggal 5 Maret 1998.
alat musik tradisional bengkulu Tasa - sumber foto : antarafoto.com

 3. Alat Musik Tradisional dari Bengkulu - "Akordion"


Alat musik tradisional dari bengkulu selanjutnya adalah Akordion. Alat musik Akordion ini terbuat dari kayu, kertas alumunium dan besi yang berbentuk persegi panjang. Alat musik tradisional ini  ditemukan di daerah Pal VII Kabupaten Rejang Lebong pada bulan Maret 1998.
 

4. Alat musik tradisional dari Bengkulu - "Hermanium"


Alat musik tradisional Hermanium berbentuk persegi, bahannya terbuat dari kayu, besi, kertas dan plastik. Pada badan alat musik tradisional dari Bengkulu yang satu ini dihiasi dengan ornamen flora. Alat musik Hermanium ditemukan pada bulan Maret 1983 di Kota Bengkulu

5. Serunai 

Serunai

Serunai merupakan alat musik tradisional Bengkulu yang berupa alat musik tiup. Terdapat 2 (dua) jenis serunai atau seruling di dalam perlengkapan alat musik tradisional Provinsi Bengkulu. Pertama terbuat dari kayu dan yang kedua terbuat dari kuningan. Meskipun bahan pembuatannnya berbeda, namun kedua serunai ini mempunyai bentuk, fungsi, dan juga cara memainkan yang sama. Alat musik ini dilengkapi dengan 6 (enam) buah lubang nada dan corongnya yang terbuat dari batok kelapa. Serunai umumnya dimainkan sebagai pengiring alat musik tradisional lainnya yang berasal dari Bengkulu.


6. Kulintang 

Kulintang

Di Bengkulu, kita juga bisa menemukan alat musik kulintang di dalam daftar alat musik tradisionalnya. Terdapat 2 (dua) jenis kulintang berdasarkan dari bahan pembuatannya, pertama kulintang yang terbuat dari logam, dan kedua kulintang yang terbuat dari bahan kayu. Kedua jenis alat musik kulintang ini dimainkan dengan cara yang sama, yakni dengan cara dipukul memakai alat pemukul khusus. Hanya saja dari segi bunyi, kedua alat musik ini sangatlah berbeda. Kulintang dari bahan logam biasanya akan menghasilkan suara yang lebih nyaring dan juga kuat.

Search Populer:
  • sejarah alat musik doll
  • alat musik tradisional lampung
  • alat musik doll wikipedia
  • tarian tradisional bengkulu
  • alat musik dol dari bengkulu
  • gambar alat musik bende
  • alat musik tradisional kepulauan bangka belitung
  • cara memainkan alat musik doll