Senjata Tradisional Sumatera Barat (Artikel Lengkap )

Senjata Tradisional Sumatera Barat

Senjata Tradisional Sumatera Barat

Nah, di kesempatan artikel kali ini kami akan mengulas tentang salah satu peninggalan kebendaan tersebut, yaitu tentang senjata tradisionalnya. Senjata tradisional Sumatera Barat memiliki beragam keunikan. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1. Senjata Tradisional Kerambit

Senjata tradisional Sumatera Barat yang paling populer adalah kerambit. Kepopuleran senjata ini sangat luar biasa, karena serangan yang ditimbulkannya sangat mematikan. Saking mematikannya, senjata ini bahkan diadopsi oleh US Marshal sebagai senjata wajib setiap tentaranya.
Kerambit merupakan sebuah pisau dengan lengkungan siku pada bilahnya. Bilah yang tajam dan ujung yang runcing membuat ia dapat melukai lawan dengan efek fatal. Sekalipun dari luar, kulit yang terkena hanya terlihat tersayat saja, namun karena ketajamannya, ia bisa menimbulkan luka dalam yang dapat memutus urat dan otot mereka yang terkena.
Banyak sejarahwan mancanegara yang telah meneliti senjata khas masyarakat Minangkabau ini. Catatan dari Asian Journal British di tahun 1827 menyebutkan bahwa tentara minang di masa perang kemerdekaan kerap dipersenjatai dengan keris di pinggang, tombak di tangan, dan kerambit di simpan di bagian. Sesuai bentuknya, pisau ini hanya bisa digunakan untuk serangan jarak dekat (close range combat).

Baca Juga:

Senjata Tradisional Sulawesi Selatan ( Artikel Lengkap )


2. Senjata Tradisional Karih

Karih adalah sebutan bahasa Minang untuk keris. Seperti masyarakat sub-etnis Melayu lainnya, keris juga ditemukan dalam budaya masyarakat Minangkabau. Kendati begitu, keris Minang memiliki beberapa ciri khas, yaitu jumlah luk atau lekukannya sedikit (bahkan nyari lusur), sudut luk yang lebar, serta hulunya yang berukir melengkung ke bawah. Di masa silam, senjata tradisional Sumatera Barat ini digunakan para bangsawan dan penghulu kerajaan, namun kini ia hanya digunakan sebagai perlengkapan pakaian adat pengantin pria Minang.
Senjata Tradisional Sumatera Barat - Karih

3. Senjata Tradisional Kalewang

Kelewang adalah semacam golok yang saat ini biasa digunakan untuk kegiatan pertanian. Di masa silam, senjata ini digunakan sebagai senjata utama bagi pasukan kerajaan saat perang Padri bergejolak di awal abad 19. Bentuknya yang unik serta banyaknya kegunaan dari alat ini membuat kelewang masih sering digunakan hingga sekarang.
Senjata Tradisional Sumatera Barat - Kelewang

4. Senjata Tradisonal Ruduih

Ruduih adalah senjata yang tampak sama seperti kelewang. Ia berbentuk seperti pedang dengan satu sisi bilah yang tajam. Bila pada kelewang sisi bilah yang tajam biasanya lurus, maka sisi tajam ruduih cenderung cembung ke dalam. Bentuk bilah yang demikian dapat membuat serangan pada tubuh lawan lebih mematikan. Tak heran bila kemudian senjata ini digunakan oleh para prajurit kerajaan ketika perang Manggopoh berkecamuk di tahun 1908.
Senjata Tradisional Sumatera Barat - Ruduih

 

5. Senjata tradisional Piarik

Pengaruh budaya Hindu Siwa di Sumatera Barat sebelum islam masuk ke Indonesia juga meninggalkan peninggalan budaya. Salah satunya bisa kita lihat pada adanya senjata yang bernama Piarik. Piarik adalah sebuah tombak dengan 3 mata yang tajam. Di Sumatera Selatan, tombak piarik disebut Trisula.
 
 
Search Populer:
  •  senjata tradisional sumatera barat kerambit
  • senjata tradisional sumatera barat karih ruduih piarit
  • pakaian tradisional sumatera barat
  • harga senjata kerambit
  • alat musik tradisional padang
  • tarian tradisional sumatera barat
  • jual kerambit minang online
  • senjata tradisional riau