Tari Badui dari Yogyakarta

Tari Badui dari Yogyakarta | Adatnusantara - Tari Badui adalah tarian tradisional khususnya tarian folklasik / tari rakyat yang berasal dari Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta. Tari Badui merupakan tari religi konon dibawa oleh seseorang dari daerah Arab, setelah diadobsi dan diselaraskan dengan tradisi dan kebudayaan Yogyakarta, maka dikenalah tari badui ini sebagai tari rakyat Sleman. Kali ini sakuilmu.net ingin mengajak Sobat semua untuk mengenal tari badui lebih banyak sehingga dapat menambah wawasan Sobat mengenai seni tari terutama tari tradisional Indonesia.

1. Tentang Tari Badui Yogyakarta

Tari Badui merupakan tari rakyat yang berasal dari Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta. Tari Badui menggambarkan prajurit yang sedang melakukan peperangan atau menggambarkan prajurit yang melakukan latihan perang. Seni tari Badui ini masih eksis di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Seperti yang masih tetap dipertahankan oleh masyarakat di padukuhan Malangrejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman dengan membentuk Paguyuban Tari dan Shalawat Badui.

2. Sejarah Tari Badui Yogyakarta

Seni Tari Badui ini konon kabarnya dibawa oleh orang Indonesia yang telah lama tinggal di Arab Saudi. Selama tinggal di Arab, orang tersebut banyak melihat kesenian badui dan kesenian Suhanul  Muslim yaitu kesenian orang / Bangsa Arab Qurais. 

Setelah orang tersebut kembali ke Indonesia, kesenian Badui tersebut kemudian dikembangkan di desanya. Tema dan bentuk kesenian masih sama dengan kesenian di Negara Arab tadi, namun ada bagian-bagian yang telah dimodifikasi serta diselaraskan dengan kebudayaan masyarakat Sleman terutama syair lagu pengiringnya.

3. Fungsi dan Makna Tari Badui Yogyakarta


Fungsi dan Makna dari Tari badui ini selain sebagai salah satu sarana penyebaran agama islam pada zaman dahulu, saat ini juga berperan sebagai sarana hiburan masyarakat. Kesenian tari Badui ini diiringi oleh syair-syair lagu yang berasal dari Kitab Kotijah Badui, namun adakalanya syair tersebut disusun sendiri oleh kelompok kesenian badui Yogyakarta.

4. Pertunjukan Tari Badui Yogyakarta


Tari Badui biasanya dipentaskan pada malam hari, namun adakalanya dipentaskan pada siang hari. Tari Badui Yogyakarta dipentaskan selama kurang lebih 4,5 jam. Tari rakyat Yogyakarta ini diselingi oleh pertunjukan pencak silat.

Jumlah penari pada pementasan kesenian tari badui ini tidak menentu,. Umumnya sekitar 40 orang yang terdiri dari 10 orang sebagai pemegang instrumen musik pengiring dan vokal, 30 orang lainnya sebagai penari. Penari Badui adalah laki-laki berusia sekitar 12 - 30 tahun.

5. Musik Pengiring Tari Badui Yogyakarta


Tari Badui dari Yogyakarta ini dipentaskan dengan diiringi oleh musik tradisional yaitu genderang tambur, 3 buah terbang genjreng, 1 buah jedor dan kadang-kadang digunakan pula peluit sebagai pemberi aba-aba.

Selain isntrumen musik daerah, tari Badui juga diiringi alunan vokal dalam bentuk lagu yang dibawakan secara bergantian antara penari dan vokalis bersama dengan penabuh instrumen bersaut sautan. Syair yang dibawakan berasal dari kitab kotijah badui yang berisi uraian tentang budi pekerti, kepahlawan hingga sholawat nabi.

6. Kostum Penari Badui Yogyakarta


Kostum yang digunakan oleh penari badui terdiri dari :
  • Peci turki berwarna merah (panigoro) atau kuluk temanten berwarna merah dan ada kucirnya
  • Baju atau kemeja lengan panjang
  • Rompi
  • Celana Panji
  • Kain (rampekan) stagen dan ikat pinggang
  • Kaos Kaki dan sepatu putih
Para penari Badui juga membawa aksesoris berupa godo / gombel yaitu sejenis senjata / kayu.
Tari Badui Yogyakarta

7. Perkembangan Tari Badui Yogyakarta


Tari badui saat ini masih cukup eksis di Yogyakarta, namun demikian masih diperlukan sentuhan pemerintah agar kesenian badui ini terjaga ditengah derasnya pembangunan di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

8. Video Tari Badui


Berikut ini adalah contoh video tari baduy Yogyakarta yang diunggah di situs youtube.com



Demikian Sobat sakuilmu, sebuah informasi mengenai Tari Badui dari Yogyakarta. semoga bermanfaat.

Referensi :
  • http://krjogja.com/web/news/read/1441/Tari_Badui_Kesenian_Religi_Yang_Masih_Eksis_di_Jogja
  • http://dunia-kesenian.blogspot.co.id/2014/03/tari-badui-tarian-daerah-sleman.html
  •  Youtube.com