Wednesday, 9 August 2017

Mengenal Seni Budaya Nangroe Aceh Darussalam ( Suku, Rumah Adat , Pakaian Adat, Bahasa Daerah, Alat Musik , Dll ) Lengkap

Aceh yang sebelumnya pernah disebut dengan nama Daerah Istimewa Aceh (1959—2001) dan Nanggroe Aceh Darussalam (2001—sekarang) memiliki otonomi yang diatur tersendiri, berbeda dengan kebanyakan provinsi lain di Indonesia, karena alasan sejarah.

Berikut peta dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam


peta provinsi nangroe aceh darussalam

Hari jadi                     : 7 Desember 1959
Ibu kota                      : Banda Aceh
Letak                          : 1º 40'—6º 30' LU
                                      40'—98º 30' BT
Luas                           : 57.956 km2
Penduduk                  : 4.494.410 (tahun 2010)
Kabupaten                : 18
Kota                            : 5
Kecamatan                : 227
Kel./Desa                   : 5.862
Bandara Udara         : Sultan Iskandar Muda, Malikusaleh, Maimun Saleh, Cut Nyak Dhien
Pelabuhan Laut         : Malahayati, Lhokseumawe, Meulaboh, Sabang
Perguruan Tinggi       : Universitas Syiah Kuala, Universitas Malikussaleh, IAIN Ar-Raniry, STAIN  Malikussaleh, STAIN Zawiyah Cot Kala
Pertambangan         : Gas alam, minyak bumi, batu bara, emas, tembaga
Zona waktu               : WIB (waktu Indonesia Barat

Daftar Kabupaten dan Kota Provinsi Nangroe Aceh Darussalam

No
Kabupaten/Kota
Ibu Kota
 
Kabupaten Aceh Barat
Meulaboh
 
Kabupaten Aceh Barat Daya
Blangpidie
 
Kabupaten Aceh Besar
Kota Jantho
 
Kabupaten Aceh Jaya
Calang
 
Kabupaten Aceh Selatan
Tapak Tuan
 
Kabupaten Aceh Singkil
Singkil
 
Kabupaten Aceh Tamiang
Karang Baru
 
Kabupaten Aceh Tengah
Takengon
 
Kabupaten Aceh Tenggara
Kutacane
 
Kabupaten Aceh Timur
Idi Rayeuk
 
Kabupaten Aceh Utara
Lhoksukon
 
Kabupaten Bener Meriah
Simpang Tiga Redelong
 
Kabupaten Bireun
Bireun
 
Kabupaten Gayo Lues
Blang Kejeren
 
Kabupaten Nagan Raya
Suka Makmue
 
Kabupaten Pidie
Sigli
 
Kabupaten Pidie Jaya
Meureudu
 
Kabupaten Simeulue
Sinabang
 
Kota Banda Aceh
-
 
Kota Langsa
-
 
Kota Lhokseumawe
-
 
Kota Sabang
-
 
Kota Subulussalam
-

A. Rumah Adat

Rumoh Aceh adalah rumah adat Provinsi Naggroe Aceh Darussalam. Rumah ini terbagi menjadi delapan bagian, yaitu seuramo-keu (serambi depan), seuramo-likoot (serambi belakang), rumoh-inong (rumah induk), rumoh dapu (dapur), seulasa (teras), kroong-padee (lumbung padi), keupaleh (gerbang), dan tamee (tiang).



rumah adat aceh

Baca Juga:

Sumatra Utara ( Tarian Adat, Senjata Tradisional, Makanan Tradisional, Rumah Adat, Pakaian Adat, Alat Musik Tradisional & Lagu Daerah) Lengkap

 

B. Suku

Daerah Istimewa Aceh terdiri dari beberapa macam suku, di antaranya adalah suku Aceh, Tamiang, Gayo, Alas, Kluet, Aneuk Jamee, Pakpak, Singkil, Sigulai, Lekon, Devayan, Haloban, dan Nias.

C. Senjata Tradisional

Rencong merupakan senjata tradisional Nangroe Aceh Darusalam sehingga Aceh dikenal dengan sebutan 'Tanah Rencong'. Rencong terbuat dari bahan metal seperti besi dan kuningan, sedangkan gagangnya terbuat dari tanduk kerbau. Secara umum ada empat jenis rencong yang dikenal masyarakat Aceh, yaitu Recong Meucugek, Rencong Meupucok, Rencong Pudoi, dan Rencong Meukure.

rencong senjata tradisional aceh


D. Bahasa Daerah

Bahasa yang umum digunakan di Banda Aceh adalah bahasa Aceh, Gayo, Bener Meriah, Gayo Lues, Serbajadi, dan Aceh Timur. Bahasa Simeulue dan beberapa bahasa lainnya digunakan di Kabupaten Simeuleu, Melayu Tamiang, Alas, dan Aneuk Jamee yang merupakan campuran dialek bahasa Minangkabau, Kluet, dan Indonesia.

E. Pakaian Adat

Kaum pria memakai kemeja panjang, celana panjang, dan mengenakan songket Aceh. Pelengkapnya berupa kopiah mekutop dan senjata khas Aceh, yaitu rencong. Sementara kaum wanitanya memakai baju yang dilengkapi selendang, celana warna hitam yang ditutup kain songket, dan perhiasan yang dipakai di kepala.

baju adat aceh


F. Tarian Daerah

Salah satu tarian Aceh yang terkenal adalah tari Saman. Selain itu, terdapat pula tari-tarian lain, seperti tari Rateb Meuseukat, Rapai Geleng, Seudati, Tarek Pukat, Lilok Pilo, Bines, Japin Tamiang, Ula-ula, Ranup Lampuan, Ratoh Duek, Guel, dan lain-lain.

tari adat aceh


G. Alat Musik

Alat musik yang terkenal dari Aceh adalah serunee kalee (serunai), rapai (sejenis rebana), geundrang (gendang), tambo, taktok trieng, bereguh, canang, celempong, arbab, dan bangsi alas.

alat musik aceh


H. Kesenian Daerah & Adat Istiadat

Aceh memiliki kesenian daerah antara lain Didong (syair dalam bahasa Gayo), Meuseukee Eungkot (tradisi di wilayah Aceh Barat), Peusijeuk (tepung tawar dalam tradisi Melayu), Maulid Nabi Muhammad SAW, Kenduri Blang (panen bersama), Kenduri Laot (upacara laut), dan Berinai (musik dan pantun).

kesenian daerah aceh


I. Makanan & Minuman Khas

Makanan khas Aceh yang terkenal di antaranya adalah timphan (kue khas lebaran), gulai itik, kari kambing, mie aceh, dan meuseukat (dodol nanas khas Aceh). Sementara minuman khas Aceh adalah jus terong belanda, kopi tarik, dan itube (minuman tebu).

Minuman khas aceh


J. Tempat Wisata

Nanggroe Aceh Darussalam memiliki banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Objek-objek wisata tersebut di antaranya Masjid Raya Baiturrahman, Taman Putroe Phang, Danau Laut Tawar, Danau Aneuk Laot, Iboih, Benteng Indrapatra, Museum Negeri Banda Aceh, dan Situs Kerajaan Pasee di Aceh Utara. Selain itu, terdapat pula Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh Tenggara.

tempat wisata aceh






Baca Juga:

Sumatra Barat ( Rumah Adat, Pakaian Adat,Tarian Adat, Senjata Tradisional, Makanan Tradisional, Alat Musik Tradisional & Lagu Daerah ) Lengkap



K. Pahlawan Nasional

Aceh memiliki beberapa pahlawan nasional yang sangat melegenda, seperti Cut Nyak Dien, Cut Meutia, Laksamana Malahayati, Teuku Umar, Panglima Polim, dan lain-lain.

pahlawan nasional aceh


L. Lagu Daerah

Lagu daerah dari Aceh yang terkenal adalah lagu Bungong Jeumpa. Lagu ini bercerita tentang keindahan bunga-bunga cempaka.

Artikel Terkait