Wednesday, 9 August 2017

Mengenal Seni Budaya Sulawesi Barat ( Suku, Rumah Adat , Pakaian Adat, Bahasa Daerah, Alat Musik , Dll ) Lengkap


Sulawesi Barat merupakan provinsi baru di Indonesia. Sulawesi Barat adalah provinsi pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan. Mamuju adalah ibu kota dari provinsi ini. Sulawesi Barat lebih banyak dihuni oleh suku Mandar dibanding dengan suku bangsa lainnya, seperti Toraja, Bugis, Jawa, dan Makassar sehingga tidak heran jika adat dan tradisi suku Mandar lebih berkembang di provinsi ini. 

Hari jadi                       : 5 Oktober 2004
Ibu kota                        : Mamuju
Letak                            : 00 12'—30 38' LS dan 1180
                            43'—1190 54' BT
Luas                             : 16.796,19 km2
Penduduk                   : 1.158.651 jiwa (tahun 2010)
Kabupaten                  : 5
Kota                              : 0
Kecamatan                 : 69
Kel./Desa                    : 482
Bandar Udara             : Tampa Padang
Pelabuhan Laut         : Mamuju, Polewali, Majena
Perguruan Tinggi      : Universitas Sulawesi Barat
Pertambangan           : Emas, biji besi, batu bara
Zona waktu                 : WITA
Daftar Kabupaten Kota Provinsi Sulawesi Barat
No
Nama Kabupaten
Ibu Kota
1
Majene
Majene
2
Mamasa
Mamasa
3
Mamuju
Mamuju
4
Mamuju Utara
Pasangkayu
5
Mamuju Tengah
Tobadak
6
Polewali Mandar
Polewali
Provinsi Sulawesi Barat berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah di sebelah utara dan Selat Makassar di sebelah barat. Adapun batas sebelah selatan dan timur adalah Provinsi Sulawesi Selatan. Sejak tanggal 5 Oktober 2004, Kabupaten Majene, Mamuju, dan Polewali-Mamasa resmi terpisah dari Provinsi Sulawesi Selatan menjadi Provinsi Sulawesi Barat. Selanjutnya, Kabupaten Polewali-Mamasa juga dimekarkan menjadi dua kabupaten terpisah, yakni Kabupaten Polewali dan Kabupaten Mamasa.
Dulunya, provinsi ini sempat menjadi salah satu daerah yang paling terisolir di Sulawesi Selatan. Hal ini disebabkan jaraknya yang cukup jauh dari ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, yakni Makassar. Kondisi geografisnya pun bergunung-gunung dengan kondisi jalanan rusak. Tidak ratanya pembangunan membuat tokoh masyarakat setempat mendesak pemerintah pusat untuk menjadikan kawasan ini provinsi yang terpisah dari Sulawesi Selatan. Kini, Sulawesi Barat terdiri dari enam kabupaten, yakni Kabupaten Mamuju, Majene, Mamasa, Mamuju Utara, Mamuju Tengah dan Polewali Mandar. 

A. Rumah Adat

Rumah adat Sulawesi Barat hampir mirip dengan rumah adat suku Toraja di Sulawesi Selatan. Rumah adat Mamasa contohnya, memiliki bentuk yang sangat mirip dengan rumah adat Tongkonan di Tana Toraja. Nama rumah adat Mamasa adalah Banua Layuk. Salah satu faktor yang menyebabkan kemiripan tersebut adalah wilayah Mamasa berbatasan langsung dengan Kabupaten Tana Toraja.


Rumah adat Sulawesi Barat
Banua Layuk

B. Suku

Suku terbesar yang mendiami wilayah Provinsi Sulawesi Barat ada lima, yaitu suku Mandar, Toraja, Bugis, Jawa, dan Makassar.




Baca Juga :

Riau ( Tarian Adat, Rumah Adat, Pakaian Adat, Senjata Tradisional, Makanan Tradisional, Alat Musik Tradisional & Lagu Daerah) Lengkap





C. Bahasa Daerah

Bahasa yang digunakan di Sulawesi Barat adalah bahasa Indonesia, Mandar, Bugis, Toraja, dan Makassar. Masyarakat Sulawesi Barat, khususnya suku Mandar, sangat kaya dalam kehidupan bersastra. Salah satu jenis pantun yang terkenal adalah Kalindada.

D. Pakaian Adat

Kaum pria mengenakan baju lengan panjang, kain sarung, tutup kepala, dan sebilah badik yang terselip di depan perut. Sementara kaum wanitanya mengenakan baju lengan pendek, kain sarung, ikat pinggang, dan hiasan di kepala. Untuk perhiasan menggunakan anting, kalung, gelang tangan, dan hiasan rambut.

pakaian adat mandar sulawesi barat
Baju Adat Sulawesi Barat

E. Senjata Tradisional

Badik merupakan senjata tradisional Sulawesi Barat. Badik Sulawesi Barat berukuran pendek, panjang matanya antara 18—20 cm dan lebar 2 cm. Badik mempunyai mata yang tebal di bagian belakangnya dan
runcing di ujungnya. Hulu dan sarungnya dibuat dari kayu, tanduk, dan gading.

Senjata Tradisional Sulawesi Barat Badik
Badik

F. Tarian Daerah

Tarian yang berasal dari Provinsi Sulawesi Barat sangatlah beragam, antara lain tari Pattudu, Bamba Manurung, Ma Bundu, Motaro, Bulu Londong, Tuduq Mandar Pembolongatta, Tuduq Kumba, Dego Pallaga, dan Pajinang.

Tari Pattudu
Tari Pattudu

G. Lagu Daerah

Lagu-lagu daerah Sulawesi Barat adalah Namalai Tongan Dani. Lagu ini menceritakan tentang budaya merantau, mencari peruntungan di tempat lain demi kehidupan yang lebih baik.

H. Alat Musik

Beberapa bentuk kesenian tradisional yang dapat ditemui di Sulawesi Barat khususnya di Polewali Mandar adalah kepandaian masyarakat dalam memainkan kecapi mandar, keke (alat tiup yang terbuat dari bambu), rebana, gongga (alat pukul terbuat dari bambu), dan calong (alat pukul yang terbuat dari bilah bambu dan batok kelapa).

Rebana
Rebana

I. Kesenian Daerah & Adat Istiadat

Kesenian daerah atau adat istiadat yang dimiliki oleh Sulawesi Barat bermacam-macam. Contohnya seni drama tradisional dengan alur cerita dan setting berlatar belakang tradisi masyarakat Mandar. Sementara adat istiadat yang dimiliki oleh Sulawesi Barat adalah Pesta Adat Sayyang Pattudu (acara merayakan khatam Al-Quran) dan Lomba Perahu Sandeq.



Baca Juga:

Jambi ( Pakaian Adat, Senjata Tradisional, Tarian Adat, Rumah Adat, Makanan Tradisional, Alat Musik Tradisional & Lagu Daerah ) Lengkap








J. Makanan & Minuman Khas

Sulawesi Barat terkenal dengan olahan ikannya yang lezat. Hal itu karena Sulawesi Barat merupakan kota pelabuhan. Beberapa makanan dari hasil olahan ikan tersebut adalah pupu dan ikan terbang asap. Selain itu, terdapat juga makanan lain seperti golla kambu, loka anjoroi, dan gogos.

Gogos dan Tuing Tapa (Ikan terbang asap)
Gogos dan Tuing Tapa (Ikan terbang asap)

K. Tempat Wisata

Tempat wisata di Sulawesi Barat antara lain Pantai Manakarra, Pantai Palippis, Pantai Wisata Lombang-lombang, Air Terjun Indo Ranoang, Pemandian Limbong, Air Terjun Limbong Miala dan Limbong Kamandan, Bendungan Sekkasekka, dan Pulau Karampuang.

Air Terjung Indo Ranoang
Air Terjung Indo Ranoang

Bendungan Sekka-sekka
Bendungan Sekka-sekka

Sumber : buku mengenal seni budaya Indonesia oleh - R Rizky & T. Wibisono

Artikel Terkait